Perang Yaman Makin Membara, Utusan Khusus AS akan Datangi Teluk Persia

0
237

Washington, LiputanIslam.com –   Kementerian Luar Negeri (Kemlu) AS, Rabu, menyatakan bahwa utusan khusus negara ini untuk Yaman Tim Lenderking akan berkunjung ke kawasan Teluk Persia pada pekan ini untuk “mengaktifkan upaya perdamaian”, menyusul heboh serangan hebat Ansarullah terhadap UEA.

Kemlu AS dalam sebuah pernyataan tentang itu menyebutkan bahwa Lendering akan berusaha “melakukan tekanan untuk penghentian eskalasi militer, dan pemanfaatan tahun baru untuk partisipasi penuh dalam proses perdamaian yang dipimpin oleh PBB”.

Disebutkan pula bahwa Lenderking juga akan fokus pada “kebutuhan mendesak untuk mengatasi krisis kemanusiaan dan ekonomi yang dihadapi Yaman.”

Kunjungan itu akan dilakukan setelah serangan rudal dan drone Ansarullah ke Abu Dhabi pada Senin lalu membuat perang Yaman kian berkobar, ketika esok harinya, pasukan koalisi yang dipimpin Arab Saudi melancarkan serangan udara ke Sanaa, ibu kota Yaman yang dikendalikan oleh Ansarullah. Serangan ke Sanaa ini menjadi salah satu serangan paling masif koalisi sejak tahun 2019 dan menewaskan sedikitnya 20 orang, termasuk warga sipil, menurut media dan penduduk  Yaman.

AS mengutuk serangan Ansarullah terhadap UEA yang notabene sekutu AS di Teluk Persia. UEA meminta kepada Dewan Keamanan PBB untuk menyelenggarakan sidang yang membahas serangan Ansarullah.

Sekjen PBB Antonio Guterres menyatakan prihatin atas serangan udara koalisi terhadap Sanaa maupun serangan Ansarullah terhadapap UEA, sebagaimana dikatakan oleh juru bicaranya. (mm/raialyoum)

Baca Juga:

Jet Tempur Saudi Gempur Gedung Parlemen Yaman di Sanaa

Yaman Serang Abu Dhabi, Tel Aviv Takut Israel Bernasib Serupa

DISKUSI: