Jet Tempur Saudi Gempur Gedung Parlemen Yaman di Sanaa

0
603

Sanaa, LiputanIslam.com –   Jet-jet tempur Arab Saud dilaporkan telah menggempur gedung parlemen Yaman dan akademi militer di Sanaa, Selasa (18/1).

Beberapa sumber media menyebutkan bahwa serangan itu terjadi setelah militer Yaman menyerang wilayah Uni Emirat Arab (UEA) dengan sejumlah drone dan rudal balistik pada hari Senin lalu.

Serangan ke UEA terjadi beberapa hari setelah Mohamed al-Bukhaiti, anggota Dewan Tinggi Politik Yaman, memperingatkan UEA untuk tidak melanjutkan “agresi”-nya di wilayah selatan Yaman karena Yaman sanggup membalasnya dengan serangan ke wilayah UEA.

Sumber Yaman melaporkan pada Senin malam bahwa beberapa jet tempur Saudi menyerang  Sanaa, ibu kota Yaman, dengan menggempur distrik Al-Libi di barat laut Sanaa.

Menurut laporan itu, lima bangunan tempat tinggal hancur total, puluhan rumah di sekitarnya rusak, dan beberapa orang terjebak di bawah reruntuhan akibat serangan tersebut.

TV Al-Mayadeen, Selasa, melaporkan bahwa korban tewas akibat serangan koalisi pimpinan Saudi di Sanaa berjumlah 23 orang, termasuk wanita dan anak-anak kecil.

Arab Saudi melancarkan invasi militer ke Yaman sejak Maret 2015 bersama sejumlah negara sekutunya dan dengan dukungan senjata dan logistik dari AS dan beberapa negara Barat.

Invasi itu bertujuan memulihkan kekuasaan rezim yang didukung Riyadh dan menumpas gerakan Ansarullah (Houthi) yang telah memotori revolusi rakyat dan kemudian menjalankan urusan negara tanpa adanya pemerintahan yang efektif.

Namun, invasi itu sama sekali tak mendekati tujuannya meskipun telah menewaskan puluhan ribu orang Yaman dan membuat negara ini mengalami krisis kemanusiaan, yang menurut PBB, terburuk di dunia, sementara pasukan Ansarullah terus menguat dan makin tak terkalahkan meski berhadapan dengan banyak musuh. (mm/mna)

Baca juga:

Ansarullah Yaman Ungkap Rincian Baru Serangannya ke UEA, AP Perlihatkan Citra Satelit

[Video:] Ansarullah Gempur UEA, Tiga Orang Tewas, Serangan Lanjutan Menyusul

DISKUSI: