Perang Idlib, 34 Tentara Turki dan 58 Militan Tewas Digempur Pasukan Suriah dan Rusia

0
384

Ankara, LiputanIslam.com –  Sedikitnya 22 tentara Turki tewas terkena serangan udara di Provinsi Idlib, Suriah barat laut, Kamis (27/2/2020), demikian tercatat dalam data otoritas Turki, sementara SOHR menyebutkan jumlah 34.

Para pejabat Turki menyatakan bahwa tentara Turki membalas serangan udara itu dengan menggempur posisi-posisi Pasukan Arab Suriah (SAA) dengan serangan artileri.

Kantor kepresidenan Turki menegaskan, “Darah prajurit gagah berani kami tidak akan tumpah sia-sia, kami akan terus melanjutkan aktivitas militer kami di wilayah Suriah sampai hancur semua tangan yang telah lancang terhadap bendera Turki.”

Gubernur Hatay, provinsi Turki yang bersebelahan dengan Suriah, dalam sebuah pernyataannya yang ditayangkan di televisi mengatakan bahwa beberapa tentara Turki lainnya menderita luka berat dan menjalani perawatan di Hatay. Dia menyebut serangan udara itu dilakukan oleh SAA, padahal AU Rusia juga terlibat.

Observatorium Suriah untuk HAM (SOHR) menyatakan bahwa serangan udara yang dilancarkan pada hari Kamis di daerah antara al-Barah dan Balyun di Suriah utara menewaskan sedikitnya 34 orang, di tengah adanya laporan lain engenai jatuhnya beberapa korban lain akibat serangan itu, seperti disebutkan oleh dua sumber keamanan Turki sembari menyatakan bahwa Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan memimpin rapat keamanan terkait dengan memanasnya situasi di Idlib.

Sumber-sumber di lapangan menyatakan puluhan tentara Turki tewas terkena serangan udara yang menyasar sebuah konvoi militer di daerah Balyun dekat distrik Ahsam, Provinsi Idlib, Kamis. Beberapa mobil ambulan melarikan para korban ke rumah sakit di distrik Orhaniyeh dan kota Antakya di wilayah Turki dekat perbatasan Suriah.

Baca: AS Enggan Penuhi Permintaan Turki dalam Konflik Idlib

SOHR juga melaporkan bahwa sebanyak 58 militan pemberontak Suriah tewas terkena serangan udara Suriah di Idlib, sementara SAA bergerak maju lagi sepanjang hari Kamis itu dan berhasil merebut daerah al-Halubah dan Qufqain di kawasan Jabal Zawiyah serta daerah Zaqum di kawasan Sahl al-Ghab di sisi barat laut Provinsi Hama. Dengan demikian SAA mendekat kota Jisr al-Shugur sejarak 17 kilometer.

Baca: Menlu Rusia: Gencatan Senjata di Idlib Sama Dengan Menyerah Kepada Teroris

Sementara itu, kantor berita Turki, Anatolia, melaporkan klaim bahwa militer Turki telah membunuh dan melukai 1709 personil SAA dalam konfrontasi selama 17 hari terakhir, serta menghancurkan 55 tank, 3 helikopter, 18 mobil lapis baja, dan 29 artileri milik SAA. (mm/raalyoum)

DISKUSI: