Perang di Idlib, 27 Orang Tewas, 10 Kendaraan Lapis Baja Turki Hancur

0
17

Istanbul, Damaskus, LiputanIslam.com –  Pasukan Arab Suriah (SAA) yang didukung pasukan Rusia terlibat pertempuran sengit melawan kelompok-kelompok bersenjata yang didukung Turki di Provinsi Idlib, Suriah, hingga jatuh korban tewas 27 orang dan sebanyak 10 kendaraan lapis baja Turki hancur, Kamis (20/2/2020).

Kantor berita Interfax dan TAS milik Rusia melaporkan bahwa kementerian pertahanan negara ini menuding Turki pada hari itu memberikan dukungan artileri kepada kawanan ekstremis yang diperangi SAA, sementara AU Rusia membantu SAA dengan menggempur kawanan di dua daerah di Idlib.

Ankara menyatakan dua tentara Turki tewas dan lima lainnya terluka akibat serangan udara di Idlib, dan Ankarapun menyatakan SAA bertanggungjawab atas peristiwa ini.

Observatorium Suriah untuk HAM (SOHR) melaporkan bahwa kelompok Hay’at Tahrir Sham alias Jabhat al-Nusra serta kelompok-kelompok pemberontak Suriah yang tergabung dalam Front Nasional untuk Pembebasan melancarkan serangan dengan dukungan pasukan Turki ke posisi-posisi SAA di distrik al-Nirab di tenggara Idlib.

Direktur Ekskutif SOHR menyebutkan bahwa kelompok-kelompok yang didukung Turki sempat merebut sebagian besar kawasan al-Nerab, tapi kemudian terhalau dari sana oleh gempuran SAA yang didukung jet tempur Rusia.

Menurut SOHR, pertempuran tersebut menewaskan 11 orang di pihak SAA dan 14 orang di pihak kawanan bersenjata, serta 2 tentara Turki.

Kantor berita Turki Anatolia mengutip keterangan narasumbernya di kawasan tersebut bahwa “ada pergerakan untuk melindungi pos-pos militer Turki”, tanpa memastikan apakah pasukan Turki sendiri terlibat langsung dalam operasi itu.

Kantor berita Suriah, SANA, melaporkan bahwa satuan-satuan SAA telah menumpas kelompok-kelompok teroris penyerang di derah al-Nerab.

Baca: Turki Ancam Segera Serang Tentara Suriah, Rusia Beri Peringatan

Pusat Rusia untuk Rekonsiliasi Suriah menyatakan bahwa jet-jet tempur Sukhoi-24 Rusia telah membombardir kawanan teroris sehingga SAA di darat sukses membendung gelombang serangan mereka.

Baca: Presiden Assad Ucapkan Selamat Kepada Penduduk Aleppo atas Kemenangan Tentara Suriah

Sebelumnya, Sputnik milik Rusia melaporkan bahwa pertempuran sengit antara SAA dan kawanan teroris, terutama Jabhat al-Nura dan Ajnad al-Qauqaz, sementara pasukan artileri Turki menyokong serangan kawanan itu ke posisi-posisi SAA di al-Nerab yang terletak di barat kota Saraqeb.

Menurut Sputnik, unit SAA anti-tank telah menghancurkan 10 kendaraan lapis baja Turki, termasuk 4 tank, dalam pertempuran itu. (mm/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS: