Kurdi Suriah Lepaskan 80 Teroris ISIS, Amir ISIS Jadi Pengusaha Besar

0
198

Beirut, LiputanIslam.com –  Kalangan Kurdi Suriah yang menamakan dirinya Administrasi Otonomi Kurdi Suriah Utara dan Timur (NES) dan didukung oleh AS telah melepaskan lebih dari 80 teroris ISIS dari penjara. Demikian dilaporkan dilaporkan LSM Observatorium Suriah untuk HAM (SOHR) melalui website-nya, Ahad (22/3/2020).

LSM yang bermarkas di London, Inggris, dan berafiliasi dengan kubu oposisi Suriah itu menyebutkan bahwa semua teroris ISIS yang dibebaskan itu adalah warga negara Suriah yang tinggal di Raqqa, Hasaka dan Deir Ezzur.

Para teroris itu belum mengakhiri masa hukuman penjara mereka sehingga pembebasan mereka praktis menimbulkan kemarahan penduduk daerah yang dikuasai Kurdi karena penduduk  khawatir mereka akan bergabung kembali dengan ISIS.

Pada tahun lalu SOHR juga menyatakan bahwa Pasukan Demokrat Suriah (SDF) bekerjasama dengan komandan ISIS di Suriah Timur Laut, dan bahwa kelompok milisi mayoritas Kurdi telah membantu seorang amir ISIS untuk menjadi pengusaha besar di provinsi Raqqa.

Dilaporkan bahwa komandan ISIL yang paling terkenal di Raqqa telah berubah menjadi pebisnis paling berpengaruh di provinsi ini dan bertanggung jawab atas proyek-proyek pembangunan di Raqqa.

Baca: Amir Al-Salbi: Mengenal Sosok Pimpinan Baru Kelompok Teroris Daesh

SOHR mencatat bahwa amir ISIS telah memastikan pembebasan komandan yang dipenjara ISIL untuk bergabung dengannya dalam melaksanakan proyek-proyek rekonstruksi.

Baca: Assad dan Putin Bahas Perkembangan Situasi di Idlib

Disebutkan bahwa amir ISIS itu pernah terlibat dalam serangan ke wilayah Ain al-Arab (Kobani), menjarah properti umum, dan mencuri lebih dari 200.000 ton peralatan bangunan yang hancur dalam operasi militer AS dan militan sekutunya di Raqqa. (mm/fna)

DISKUSI: