Penasehat Keamanan AS dan Putra Mahkota Saudi Bahas Normalisasi Hubungan dengan Israel

0
379

NewYork, LiputanIslam.com –   Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan membahas masalah normalisasi hubungan Arab Saudi dengan Israel selama pertemuannya dengan Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman (MBS).

Dikutip kantor berita Bloomberg, situs berita Axios mengutip keterangan tiga sumber AS dan Saudi yang memiliki informasi tentang itu mengatakan bahwa MBS tidak memberikan penolakan tegas terhadap dorongan AS untuk normalisasi hubungan Saudi dengan Israel.

Menurut sumber-sumber itu, pihak Saudi menilai masalah normalisasi itu masih memerlukan  waktu, dan memberikan kepada Jake Sullivan daftar langkah-langkah yang perlu ditempuh terlebih dahulu.

Axios menyebutkan bahwa beberapa pembicaraan antara kedua pihak meliputi upaya perbaikan hubungan AS-Saudi, dan bahwa Sullivan dan MBS juga membahas perkembangan situasi Perang Yaman.

Di pihak lain, mengenai isu terakhir ini, anggota Dewan Tinggi Politik Yaman yang berafiliasi dengan gerakan Ansarullah (Houthi), Mohammad Ali Al-Khouthi, menegaskan persyaratan untuk penyelesaian krisis Yaman.

“Dengan orang yang memiliki keputusan dari dalam negeri dan menolak dikte asing, kami siap berdialog di bawah atap kedaulatan nasional yang independen,” cuitnya di Twitter, Rabu (20/10).

Para pengamat menyebutkan bahwa pernyataan Al-Houthi ini memberikan kesempatan bagi pihak-pihak lain untuk meninggalkan pasukan koalisi yang dipimpin Arab Saudi demi penyelesaian krisis Yaman melalui semua elemen Yaman sendiri. (mm/raialyoum/alalam)

Baca juga:

Aktivis Saudi: Belasan Tentara Saudi, Termasuk 6 Perwira, Tewas Diserang Pasukan Yaman di Jizan

Pangkalan Militer AS di Suriah Digempur Beberapa Pesawat Nirawak

DISKUSI: