Pangkalan Militer AS di Suriah Digempur Beberapa Pesawat Nirawak

0
458

Damaskus, LiputanIslam.com –   Pangkalan militer AS di kawasan Al-Tanf, Suriah, mendapat serangan dari bebarapa pesawat nirawak (drone), Rabu (20/10).

Kantor berita Suriah, SANA, melaporkan bahwa terjadi ledakan-ledakan keras di pangkalan Al-Tanf ketika mendapat serangan tersebut, dan bahwa seorang pejabat militer Pusat Komando AS (CENTCOM) mengkonfirmasi terjadinya serangan misil.

Serangan itu terjadi beberapa waktu setelah Pusat Komando Operasi Sekutu Suriah bersumpah akan melancarkan serangan “balasan sengit” atas agresi Israel belakangan ini terhadap Suriah.

Seorang pejabat militer CENTCOM mengatakan kepada Sky News Arabia bahwa Pangkalan Al-Tanf yang terletak di kawasan segi tiga perbatasan Suriah, Irak dan Yordania telah mendapat serangan misil namun tidak jatuh korban dari pihak pasukan AS.

Pejabat itu menambahkan bahwa penyelidikan sedang dilakukan untuk mengetahui lebih jauh ihwal serangan tersebut, namun perkiraan awal menyebutkan bahwa serangan itu terkait dengan faksi-faksi yang berafiliasi dengan Iran.

Lembaga Observatorium Suriah untuk HAM (SOHR) melaporkan bahwa pada Rabu sore terjadi ledakan-ledakan di pangkalan militer Al-Tanf yang ditempati oleh “Koalisi Internasional” akibat serangan drone.

SOHR juga menyebutkan bahwa kelompok pemberontak Suriah Pasukan Komando Revolusi (RCA) yang didukung AS menerapkan siaga keamanan di kawasan seluas 55 kilometer persegi di dekat pangkalan itu menyusul serangan tersebut.

Menurut beberapa sumber, sejauh ini belum jelas rincian mengenai serangan itu, siapa pelakunya maupun dampaknya terhadap Pangkalan Al-Tanf.

Sumber-sumber keamanan Irak yang terkait dengan Koalisi Internasional menyatakan sebanyak enam unit drone berbahan peledak telah menyerang pangkalan tersebut.

Beberapa sumber lain mengatakan kepada RT bahwa serangan itu dilancarkan dari wilayah Suriah, bukan wilayah Irak, dan bahwa Koalisi Internasional memiliki informasi mengenai serangan itu. (mm/raialyoum/alalam)

Baca juga:

Pusat Komando Sekutu Suriah: Iran Ancam Balas Sengit Serangan Israel ke Suriah

Israel Perkirakan akan Diserang 2000 Rudal/Hari Jika Pecah Perang dengan Hizbullah

DISKUSI: