Pemimpin Hamas Bahas Perjanjian Abad Ini dengan Komandan Pasukan Quds IRGC

0
109

Teheran, LiputanIslam.com –  Ketua Biro Politik Gerakan Perlawanan Islam Palestina (Hamas), Ismail Haniyeh, membahas Perjanjian Abad Ini via telefon dengan Komandan Pasukan Quds Korps Garda Revolusi Islam Iran (IRGC) Brigjen Esmail Qaani.

Keduanya membicarakan langkah-langkah kolektif untuk melawan prakarsa Presiden AS Donald Trump tersebut, yang mereka nilai bertujuan menutup berkas perkara Palestina.

Jenderal Qaani yang menjadi penerus jenderal ternama Iran Qassem Soleimani menegaskan kesiapan Iran melakukan segala tindakan yang diperlukan untuk menggagalkan prakarsa itu dan mengantisipasi segala resiko rakyat Palestina, terutama para pejuang.

Qaani juga menekankan kelanjutan jalan yang selama ini ditempuh oleh Jenderal Soleimani dalam menyokong rakyat dan para pejuang Palestina.

Baca: Saudi Larang Delegasi Iran Hadiri Sidang OKI di Jeddah Soal Perjanjian Abad Ini

Di pihak lain, sebagaimana dilaporkan website Palestine Today, Ahad (2/2/2020), Ismail Haniyeh dalam kontak telefon itu menyatakan adanya konsensus nasional Palestina dalam penolakan terhadap Perjanjian Abad Ini, dan memastikan “kemampuan bangsa dan para pejuang Palestina serta bangsa-bangsa umat (Arab dan Muslim) menggagalkan prakarsa itu”.

Baca: Palestina Umumkan Pembentukan Komisi Tinggi Nasional untuk Melawan Perjanjian Abad Ini

Bersamaan dengan ini, penasehat pemimpin besar Iran bidang pertahanan Mayjen Hossein Dehghan menegaskan dukungan penuh negara republik Islam ini kepada bangsa Palestina, termasuk dalam menghadapi sanksi dan blokade AS. (mm/alalam/raialyoum)

DISKUSI: