Pemerintah Suriah Bersiap Membuka Kembali Makam Khalifah Umar bin Abdul Aziz

0
180

Beirut, LiputanIslam.com –  Departemen Wakaf Suriah sedang bersiap membuka kembali situs makam Umar bin Abdul-Aziz yang belakangan ini direhabilitasi.

“Setelah pembebasan kota timur Deir Al-Sharqiyah dari kekejaman terorisme, Direktorat mulai mengatasi kerusakan yang terjadi akibat upaya organisasi teroris untuk mengembalikan makam ini kepada kondisinya pada ratusan tahun silam,” ungkap Dirjen Kantor Wakaf Aleppo, Muhammad Rami Al-Obaid, dalam kunjungannya bersama tim khusus yang bertanggung jawab untuk rehabilitasi makam.

Senada dengan ini, Kepala Divisi Kontrak di Direktorat Wakaf Aleppo, Muhammad Al-Omar, menjelaskan, “Para pekerja telah mulai membersihkan dan merehabilitasi situs makam untuk membukanya kembali.”

Baca: Turki Nyatakan 3 Tentaranya Tewas dan Luka Terkena Serangan di Idlib

Umar bin Abdul Aziz (wafat: 720 M) merupakan salah satu khalifah yang dikenal sebagai sosok salih serta termasyhur dalam sejarah Islam. Sebagian kalangan bahkan ada yang menyebutnya sebagai orang kelima Khulafa al-Rasyidin, meski dia menjabat sebagai khalifah dari dinasti Bani Umayyah ketika baru berusia 34-35 tahun, dan masa kekuasaannyapun tergolong singkat, yaitu 29 bulan.

Baca: Irak dan Suriah Jadi Ajang Uji Coba Senjata-senjata Koalisi Internasional

Di situs makamnya juga terdapat makam istrinya, Fatima binti Abdul Malik, dan makam penjaga situs ini, Sheikh Abu Zakaria bin Yahya Al-Mansour.

Pekan lalu beredar berita hoax bahwa tentara Suriah dan milisi yang didukung Iran telah menghancurkan dan membakar makam Khalifah Umar bin Abdul-Aziz. (mm/amn/wikipedia)

DISKUSI: