Irak dan Suriah Jadi Ajang Uji Coba Senjata-senjata Koalisi Internasional

0
82

Baghdad,LiputanIslam.com-Dilansir al-Arabi al-Jadid, sejumlah anggota Parlemen dan tokoh Irak menyatakan, Koalisi Internasional pimpinan AS telah menjadikan Irak dan Suriah sebagai tempat uji coba senjata-senjata baru mereka. Akibatnya, banyak warga sipil yang menjadi korban.

Koalisi AS menggunakan senjata dan rudal-rudal baru di Irak dan Suriah, untuk mengetahui sejauh mana kinerja senjata-senjata tersebut. Negara-negara yang tergabung dalam koalisi ini juga menggunakan jet-jet baru mereka guna melatih pilot serta mengetahui kemampuan jet-jet tersebut. Hal ini memicu terjadinya banyak kekeliruan dan tewasnya warga sipil.

Sumber-sumber Irak mengabarkan, statistik dan bukti-bukti informasi ini telah diberikan kepada mantan PM Irak, Adil Abdulmahdi. Sejumlah pihak berharap, PM Irak saat ini, Mustafa al-Kadhimi, akan menyelidiki kasus ini serta memberikan ganti rugi kepada para korban.

Anggota Komisi Keamanan dan Pertahanan Parlemen Irak, Karim Ulyawi, mengatakan, komisinya memiliki dokumen-dokumen yang menunjukkan Koalisi Internasional menggunakan senjata baru mereka untuk kali pertama di Irak dan Suriah. Irak dijadikan ajang untuk melatih serdadu dan menguji senjata mereka.

Ulyawi meminta agar Pemerintah Irak melakukan investigasi di tingkat internasional terkait kasus ini.

Hingga kini, para petinggi Irak belum memberi tanggapan atas laporan ini. (af/yjc)

Baca Juga:

Angkatan Bersenjata Irak: Kami Tak Butuh Pasukan Asing untuk Hadapi ISIS

IRGC: AS Membekali dan Melatih Teroris untuk Melawan Iran

DISKUSI:
SHARE THIS: