Pemerintah Iran: Kaum Takfiri Ada di balik Serangan di Komplek Makam Suci di Masyhad

0
155

Teheran, LiputanIslam.com –  Pemerintah Iran mengumumkan pelacakan dan identifikasi kelompok teroris takfiri di balik serangan terhadap sejumlah rohaniwan di komplek makam suci Imam Ali Ridha ra di kota Masyhad, Iran.

Berbicara kepada wartawan, Kamis (6/4), Menteri Dalam Negeri Iran Ahmad Vahidi mengutuk keras dan menyebut serangan dengan senjata tajam yang menyasar tiga rohaniwan di salah satu situs paling suci di Iran itu sebagai “operasi teroris keji”.

Dia memastikan bahwa semua akar dan otak serangan teror itu sudah terlacak dan akan teridentifikasi.

Seorang ulama Iran terbunuh dan dua lainnya terluka dalam serangan penikaman di halaman makam suci tersebut pada hari Selasa lalu, tepat pada hari ketiga bulan suci Ramadhan, dan pelaku segera  ditangkap di lokasi kejadian, sementara para korban luka dilarikan ke rumah sakit.

Vahidi menolak spekulasi adanya hubungan antara serangan itu dan warga negara Afghanistan di Iran.

Dia menambahkan bahwa kelompok teroris ISIS dan atau kelompok takfiri lainnya adalah buatan AS dan beberapa negara Barat, dan bahwa orang-orang yang menyebarkan ideologi takfiri dan kekerasan pasti akan ditindak.

Penyelidikan resmi untuk kasus ini masih berjalan.

Laporan media menyebutkan bahwa pelaku serangan itu diketahui bernama Abdollatif Moradi, seorang warga negara Uzbekistan berusia 21 tahun, yangtelah masuk ke Iran secara gelap melalui Pakistan pada tahun lalu dan tinggal di Mashhad. Dia diringkus di lokasi penyerangan.

Beberapa video yang beredar di media menunjukkan bahwa pemuda itu terpengaruh ideologi takfiri dan Wahhabisme.

Mengenai hubungan Iran dengan Afghanistan, Vahidi mengatakan, “Musuh mencoba mengeksploitasi perbedaan agama dan etnis di antara negara-negara sahabat, tapi tindakan ini tidak akan menghasilkan apa-apa. Para pemuda terbaik Afghanistan telah kehilangan nyawa mereka dalam menghadapi kelompok takfiri.” (mm/presstv)

Baca juga:

Tak Bisa Ditawar, Parlemen Iran Desak Pemerintah Ambil Jaminan Kuat dari AS

Berbau Rudal Balistik, Iran Ancam Israel dengan Satu Kata: “Erbil”

DISKUSI: