Pejabat Sanaa: Israel Memandang Yaman Ancaman bagi Dominasi Zionis atas Laut Merah

0
355

Sanaa, LiputanIslam.com –  Wakil Direktur Departemen Bimbingan Moral Kementerian Pertahanan Yaman di Sana’a, Brigjen Abdullah bin Amer, menyatakan Israel memandang Yaman sebagai ancaman dan telah terjadi agresi-agresi Israel terhadap wilayah udara dan perairan Yaman dengan semua rinciannya yang belum diungkap.

Abdullah mengatakan, “Tel Aviv melihat di Yaman bahaya besar bagi hegemoninya atas wilayah Laut Merah selatan.”

Menurutnya, Israel memperluas sepak terjangnya di Yaman dalam beberapa dekade terakhir,  dan terdapat dokumen yang mengungkap adanya kontak rahasia antara Sanaa dan Tel Aviv pada tahun 2004.

Dia menyebut Israel sebagai “musuh yang tak ingin Yaman bebas dan merdeka” dan “memandang Yaman sebagai ancaman besar bagi dominasinya atas wilayah selatan Laut Merah.”

Mengenai situasi perang di Yaman saat ini, dia mengatakan, “Rakyat Yaman semakin mendekati kemenangan dan peraihan kemerdekaan dan kebebasan mereka.”

Sanaa menilai kekhawatiran Israel atas pembebasan Marib sebagai indikasi bahwa Partai Al-Islah  sebenarnya mewakili Israel dalam perang di Yaman.

Media Israel sendiri membahas perkembangan perang di Yaman. Mengenai perang di Ma’rib, Jerusalem Post menyebutkan, “Arab Saudi dan Iran mengawasi dengan cermat, sementara pertempuran penting di Yaman mendekati titik balik potensial.” Surat kabar Israel ini juga menyebut pembebasan Ma’rib sebagai sumber keprihatinan dan ancaman bagi Israel. (mm/raialyoum)

Baca juga:

Ansarullah Sebut Kendali atas Ma’rib Secara Miiliter Jatuh ke Tangan Pasukan Sanaa

Drone-drone Hamas Ciutkan Nyali Israel

DISKUSI: