Drone-drone Hamas Ciutkan Nyali Israel

0
283

Gaza,LiputanIslam.com-Israel dibuat kaget oleh serangan drone yang diluncurkan sayap militer Hamas dalam perang Mei silam. Gudang minyak di Esdod dan kilang eksploitasi gas di pesisir Askelon menjadi sasaran bombardir drone-drone buatan Palestina tersebut.

Menurut al-Jazeera, Tentara Israel khawatir jika Brigade Izzuddin al-Qassam menggunakan drone-drone ofensif. Kantor berita asal Qatar ini pun membeberkan alasan kekhawatiran tersebut.

Seorang pakar militer, Rafiq Abu Hani mengatakan, drone-drone lokal adalah titik keunggulan Hamas dalam pertempuran melawan Israel. Hal ini kian nyata terlihat dalam Perang Pedang al-Quds.

“Rezim Zionis khawatir drone-drone ini menyusup hingga kedalaman Israel dan digunakan untuk meledakkan target-target tertentu,” kata Abu Hani.

“Drone-drone ini punya kelebihan untuk bisa terbang hingga puluhan kilometer di kedalaman Israel. Inilah yang ditakutkan oleh Tel Aviv,” tandasnya.

Al-Jazeera melaporkan, Hamas mulai menggunakan drone untuk pertama kalinya dalam perang tahun 2014 silam. Namun secara resmi Hamas telah melibatkan drone dalam perang versus Israel di tahun 2012, yaitu saat kelompok ini membuat drone Ababil 1, yang merupakan drone pengintai.

Ababil 1 pun disusul oleh pembuatan drone Ababil 2 yang memiliki fungsi tempur. Hamas lalu membuat Ababil 3 yang telah di-upgrade menjadi drone kamikaze.

Hamas di Gaza selalu menggunakan drone-drone untuk misi pengintaian dan intelijen. Drone-drone ini juga dimanfaatkan untuk mengamati pergerakan Tentara Israel dan perkembangan di lapangan. (af/fars)

Baca Juga:

[Video:] Iran Pamerkan Sistem Pertahanan Udara “Majid” Tembak Drone pada Ketinggian Rendah

Hamas: Tepi Barat di Ambang Intifada Baru

DISKUSI: