Pejabat Israel Nyatakan Lima Negara, Termasuk Saudi dan Qatar, akan Normalisasi Hubungan

0
66

Quds, LiputanIslam.com –  Menteri Intelijen Israel Eli Cohen menyatakan sejauh ini ada lima negara yang akan berkemungkinan menormalisasi hubungan dengan Israel.

“Saat ini, ada lima negara yang terkait dengan masalah ini, yaitu Arab Saudi, Oman, Qatar, Maroko, dan Niger,” ungkap Cohen kepada surat kabar Yedioth Aharonoth, Senin (2/11/2020),

Cohen menjelaskan bahwa jika “kebijakan Timur Tengah yang tegas” dari Presiden Amerika Serikat Donald Trump berlanjut maka kemungkinan Israel akan menjalin kesepakatan dengan negara-negara Arab lainnya.

Dia juga mengatakan bahwa kebijakan perhatian berlebihan mantan Presiden AS Barack Obama di kawasan dan terhadap Iran belum terbukti berhasil, dan bahwa hanya politik kekuatanlah yang realistis di Timur Tengah sebagaimana, menurutnya, terlihat dalam perjanjian normalisasi hubungan Israel dengan beberapa negara Arab belakangan ini.

Seperti diketahui, Israel belakangan ini menjalin perjanjian normalisasi hubungan dengan UEA, Bahrain dan Sudan, yang lantas mendapat kecaman dari pihak Palestina. (mm/raialyoum)

Baca juga:

Aksi Mogok Makan Tahanan Palestina Dekati Hari ke-100

Di tengah Pandemi, Israel Pecahkan Rekor Penghancuran Rumah Palestina

DISKUSI: