Pejabat Irak Kecam Peran AS di Balik Serangan Besar ISIS

0
181

Baghdad, LiputanIslam.com –  Seorang pejabat senior Irak mengatakan bahwa semua serangan kawanan teroris ISIS belakangan ini di tiga provinsi Anbar, Salahuddin dan Babel, Irak, terjadi karena adanya dukungan dari AS.

“Pasukan AS sekarang menggunakan ISIS untuk menekan pemerintah agar memperluas penempatan mereka di Irak,” tutur Hamid al-Hayes, ketua Dewan Keselamatan Anbar, Selasa (5/5/2020).

Dia menambahkan bahwa ISIS menebar ulah lagi setelah pemerintah Irak mendesak AS agar menarik pasukannya, dan fakta ini mengindikasikan keberadaan Washington di belakang ISIS.

Al-Hayes memperingatkan, “Saat ini, 4.000 teroris ISIS bercokol di daerah gurun kawasan perbatasan Irak, Suriah, dan Arab Saudi.”

Seorang komandan senior pasukan relawan Irak Hashd al-Shaabi Senin lalu memperingatkan bahwa kawanan ISIS telah disusupkan dan diaktifkan lagi di sejumlah provinsi di Irak.

Baca: Pasukan Relawan Irak Pastikan AS Berada di Balik Serangan Besar ISIS

“Para teroris Amerika dan ISIS mengulangi skenario yang serupa dengan yang dulu mereka mainkan ketika Mosul jatuh ( ke tangan ISIS) pada tahun 2014, di provinsi Babel, Salahuddin dan Diyala.  Mereka berusaha mengacaukan keamanan dan meningkatkan instabilitas di wilayah-wilayah itu,”  ungkap Qasim al-Ma’amouri , komandan Divisi 26 Hashd al-Shaabi.

Baca: Teroris ISIS Lancarkan Serangan Sengit, Beberapa Pasukan Relawan Irak Terbunuh

Dia juga mengatakan, “Kami memiliki intelijen yang menunjukkan bahwa kelompok teroris itu telah memulai kembali kegiatannya di beberapa provinsi Irak, termasuk Babel, dengan bantuan AS.”

Sedikitnya 10 pejuang Hashd al-Shabi tewas diserang ISIS di Provinsi Salahuddin pada Sabtu lalu. (mm/almaaloumeh)

DISKUSI: