Pejabat Gedung Putih Ungkap Jadwal Penandatangan Kesepakatan Normalisasi UEA-Israel

0
101

Washington, LiputanIslam.com –   Seorang pejabat senior Gedung Putih menyatakan bahwa Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump berencana menggelar seremoni penandatanganan perjanjian bersejarah untuk pemulihan hubungan antara Uni Emirat Arab (UEA) dan Israel pada 15 September 2020.

Pejabat yang meminta namanya tidak disebutkan itu, sebagaimana dikutip Reuters, Selasa (7/9/2020), mengatakan bahwa Trump telah menetapkan 15 September sebagai tanggal di mana Gedung Putih akan menjadi tempat seremoni penandatanganan perjanjian normalisasi antara kepemimpinan UEA dan Israel.

Menurutnya, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan Menteri Luar Negeri UEA Sheikh Abdullah bin Zayed Al Nahyan akan memimpin delegasi masing-masing pada acara tersebut.

Seperti diketahui, pada 13 Agustus, UEA, Israel, dan AS dalam sebuah pernyataan bersama mengumumkan bahwa kesepakatan UEA-Israel telah dicapai untuk normalisasi hubungan antara keduanya.

Selanjutnya, setelah penandatanganan perjanjian itu UEA akan menjadi negara Arab ketiga yang mencapai perdamaian dengan Israel dan menjalin hubungan resmi dengannya, setelah Mesir pada 1979 dan Yordania pada tahun 1994. (mm/rta)

Baca juga:

Iran dan Turki Bersama Mengecam Normalisasi Hubungan UEA dengan Israel

Faksi-Faksi Palestina Kecam “Para Syeikh Kerajaan” Saudi dan Emirat

DISKUSI: