Pejabat AS Nyatakan Negaranya Tak Terlibat dalam Insiden Instalasi Nuklir Natanz Iran

0
201

Washington, LiputanIslam.com –   Seorang pejabat tinggi AS menyatakan negara ini tak terlibat dalam insiden ledakan yang terjadi Sabtu lalu di fasilitas nuklir Natanz milik Iran.

Dikutip Washington Post, pejabat anonim itu, Senin (12/4), mengatakan, “Kami melihat laporan-laporan mengenai insiden di instalasi pengayaan uranium Natanz di Iran… AS sama sekali tak terlibat, dan kami juga tak punya apapun untuk menambah spekulasi mengenai penyebab insiden ini.”

Juru bicara Badan Tenaga Atom Internasional (BTAI/IAEA) Fredrik Dahl Ahad lalu mengatakan kepada wartawan kantor berita TASS milik Rusia bahwa pihaknya berkomunikasi dengan para pejabat Iran mengenai insiden tersebut.

“Kami menyimak laporan-laporan kemarin mengenai insiden Natanz, dan melakukan kontak dengan para pejabat Iran,” ujarnya.

Uni Eropa (UE) juga menyatakan sikapnya soal ini dengan mengumumkan bahwa UE mengikuti perkembangan situasi pasca insiden itu dengan penuh keprihatinan, karena UE menilai tidak tertutup kemungkinan adanya faktor sabotase.

Seperti telah beritakan, Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif dan juru bicara Kementerian Luar Negeri Saeed Khatibzadeh secara resmi menyalahkan Rezim Zionis Israel atas insiden tersebut, dan menegaskan hak Iran untuk membalas pada saatnya yang tepat. (mm/fna)

Berita terkait:

Tegang, Iran Resmi Salahkan Israel atas Insiden Ledakan di Fasilitas Nuklir Natanz

Ledakan di Fasilitas Nuklir Iran Diduga Sabotase, Teheran Tegaskan Berhak Menindak Pelakunya

DISKUSI: