Tegang, Iran Resmi Salahkan Israel atas Insiden Ledakan di Fasilitas Nuklir Natanz

0
488

Teheran, LiputanIslam.com –   Televisi pemerintah Iran melaporkan bahwa Menteri Luar Negeri Mohammad Javad Zarif hari ini, Senin (12/4), resmi menyalahkan Rezim Zionis Israel dalam insiden ledakan yang terjadi di fasilitas nuklir Natanz milik Iran, dan karena itu Iran akan membalas.

Javad Zarif menegaskan, “Kaum Zionis ingin membalas dendam atas keberhasilan bangsa Iran dalam proses mengatasi bahaya pihak zalim, tapi kami tak akan membiarkannya, kami akan membalas praktik para Zionis itu.”

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Saeed Khatibzadeh juga melontarkan pernyataan senada dalam konferensi pers, Senin. Dia mengatakan bahwa insiden tersebut dapat dianggap sebagai “aksi anti kemanusiaan”.

“Tidak menyebabkan pencemaran atau korban, tapi dapat menimbulkan tragedi, dan dapat dianggap sebagai aksi anti-kemanusiaan,” ungkapnya.

Dia juga menyalahkan Israel dan memastikan bahwa Iran akan melakukan pembatasan atas insiden ledakan yang terjadi pada Sabtu malam lalu tersebut.

Sehari sebelumnya, Kepala Organisasi Energi Atom Iran (AEOI) Ali-Akbar Salehi menyebut insiden itu sebagai “terorisme nuklir”.

Di pihak lain, beberapa jam setelah insiden tersebut Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu secara tidak langsung mengomentarinya dengan mengatakan, “Perang melawan nuklir Iran adalah tugas besar”. (mm/raialyoum/mna/ynetnews)  

Berita terkait:

Ledakan di Fasilitas Nuklir Iran Diduga Sabotase, Teheran Tegaskan Berhak Menindak Pelakunya

DISKUSI: