Pejabat Afghanistan: Taliban Rebut Markas Tentara di Bandara Kunduz

0
218

Kabul, LiputanIslam.com –  Pejabat pemerintah Afghanistan mengkonfirmasi keberhasilan militan Taliban merebut markas tentara di bandara Kunduz.

Situasi keamanan di Afghanistan kian meradang secara dramatis dalam sepekan terakhir di mana Taliban merebut setidaknya sembilan ibu kota provinsi. Serangan itu terjadi di tengah proses penarikan pasukan AS dan koalisi. Semua pasukan asing, kecuali 500 pasukan kontingen Turki, diperkirakan akan meninggalkan Afhanistan pada akhir Agustus.

Dikutip Sputnik, Rabu (11/8), pejabat pemerintah Afghanistan menyatakan Taliban telah merebut markas tentara di bandara Kunduz, sehingga mengakhiri serangan Taliban di wilayah tersebut.

Beredar berapa video yang diklaim sebagai hasil rekaman di bandara, termasuk rekaman yang dirilis oleh saluran Taliban di Telegram. Di situ terlihat sejumlah militan Taliban berdiri di dalam atau di dekat pangkalan, dan berpose dengan peralatan, termasuk helikopter tempur Mil Mi-24 tanpa rotor di landasan pacu.

Rekaman lain memperlihatkan militan Taliban mengumpulkan senjata yang diduga didapat  dari tentara Afghanistan yang menyerah.

Taliban mengaku  telah merebut kota strategis Kunduz di timur laut Afghanistan pada 8 Agustus. (mm/mna)

Baca juga:

Rusia Sayangkan Iran Tak Dilibatkan dalam Perundingan Damai Afghanistan

Tentara Afghanistan Mengaku Rebut Kembali 30 Distrik dari Tangan Taliban

DISKUSI: