Pecatur Kuwait Mundur Setelah Dihadapkan dengan Pecatur Israel

0
258

KuwaitCity, LiputanIslam.com  Juara catur Kuwait Bader Al-Hajri mengundurkan diri dari Kejuaraan Catur Internasional Sunway yang saat ini diadakan di Spanyol, setelah ia diundi melawan pecatur dari Israel.

Al-Hajri adalah salah satu juara catur Kuwait, dan berpartisipasi dalam kompetisi turnamen internasional bersama rekannya di tim nasional Hashem Khaled.

Menurut laporan surat kabar Kuwait  Al-Qabas, Selasa (3/5), sikap Al-Hajri mencerminkan sikap tegas Kuwait yang menolak  segala bentik normalisasi hubungan dengan rezim Zionis Israel.

Dalam beberapa bulan terakhir, para atlet Kuwait lain juga telah menolak terlibat dalam pertandingan dengan pemain dari Israel dalam berbagai permainan.

Pada Januari lalu, petenis Kuwait Muhammad Al-Awadi menolak berhadapan dengan petenis Israel di semifinal turnamen internasional untuk profesional di bawah usia 14 tahun yang digelar di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA).

Ada tiga atlet Kuwait yang menolak bermain dengan  atlet Israel pada turnamen yang diselenggarakan oleh UEA selama setahun terakhir.

Pada Mei lalu, Majelis Nasional Kuwait dengan suara bulat menyetujui rancangan undang-undang yang melarang normalisasi hubungan dengan Israel.

Undang-undang Kuwait menganggap Israel sebagai entitas yang agresif, sehingga melarang perorangan dan badan hukum membuat perjanjian atau kesepakatan dengan badan-badan atau orang-orang yang tinggal di Israel, atau menjadi bagian darinya berdasarkan kewarganegaraan mereka, atau bekerja untuknya, atau untuk kepentingannya.

Orang yang berurusan atau menjalin perjajian dan kesepakatan terancam sanksi hukuman penjara seumur hidup ataupun penjara 5-10 tahun serta denda finansial. (mm/alalam)

Baca juga:

Hamas Siap Tembakkan Seribu Rudal Jika Israel Berulah

Petugas Keamanan Israel Tewas Diserang Pejuang Palestina

DISKUSI: