Hamas Jaga Ikatan Baik dengan Ansarullah Yaman dan akan Pulihkan Hubungan dengan Suriah

0
64

Beirut, LiputanIslam.com  Gerakan Perlawanan Islam Palestina (Hamas) mengaku menjalin hubungan baik dengan Ansarullah (Houthi) Yaman dan akan memulihkan hubungan dengan pemerintah Suriah.

Kepala kantor hubungan Arab dan Islam Hamas, Khalil al-Hayya, dalam wawancara dengan dengan surat kabar Al-Akhbar terbitan Lebanon, Selasa (28/6), mula-mula mengkonfirmasi bahwa Hamas memang berusaha memulihkan hubungan dengan Suriah.

Al-Hayya yang sedang berada di Beirut, ibu kota Lebanon, bersama kepala biro politik Hamas, Ismail Haniyeh, menyebutkan bahwa diskusi internal dan eksternal terjadi di tingkat gerakan untuk menyelesaikan pembahasan terkait pemulihan hubungan dengan Suriah, dan kesimpulannya adalah persetujuan atas upaya tersebut.

Al-Hayya lantas mengungkapkan bahwa Hamas menjaga hubungan baik dengan Ansarullah, dan juga telah berupaya mendekatkan pandangan pihak-pihak yang bertikai di Yaman, tetapi gagal akibat tajamnya perselisihan di antara mereka.

Sebelumnya, sumber-sumber informasi Hamas mengatakan bahwa biro politik Hamas telah mengambil keputusan untuk bersikap terbuka dan meningkatkan hubungan dengan semua pihak Arab dan internasional.

Sumber-sumber itu menyebutkan bahwa Hamas juga berusaha mendekatkan pandangan di antara berbagai pihak yang berselisih, terutama dengan mengingat perkembangan hubungan antara perlawanan Palestina dan Poros Resistensi.

Reuters beberapa hari lalu mengutip pernyataan sumber-sumber anonim Hamas bahwa faksi pejuang yang berkuasa di Jalur Gaza ini memutuskan untuk memulihkan hubungan dengan Damaskus yang sudah 10 tahun terputus akibat dukungan Hamas kepada kubu oposisi Suriah.

“Kedua pihak telah mengadakan pertemuan-pertemuan tingkat pemimpin untuk mewujudkan hal itu,” ungkap seorang pejabat yang meminta identitasnya dirahasiakan. (mm/raiayoum)

Baca juga:

Hamas: Rekonsiliasi Palestina Sudah Tamat

Ismail Haniyeh dan Sayid Hassan Nasrallah Adakan Pertemuan di Beirut

DISKUSI: