PBB Nyatakan Tetap Konsisten Pada Resolusinya untuk Solusi Palestina-Israel

0
104

NewYork,LiputanIslam.com –  Sekjen PBB Antonio Guterres menyatakan pihaknya tetap berkomitmen pada penyelesaian konflik Palestina-Israel berdasarkan resolusi PBB, hukum internasional, dan perjanjian-perjanjian bilateral.

Sebagaimana dijelaskan oleh juru bicara PBB, Stephane Dujarric, Selasa (28/1/2020), Guterres mengatakan PBB juga berkomitmen untuk mewujudkan visi dua negara “hidup berdampingan dalam perdamaian dan keamanan di dalam perbatasan yang diakui, berdasarkan perbatasan pra-1967.

Menurut Dujarric, Guterres mengamati pengumuman prakarsa AS untuk perdamaian Timur Tengah, yang disampaikan oleh Presiden AS Donald Trump.

Baca: Iran Sebut Prakarsa AS “Pengkhianatan Abad Ini”

Prakarsa Trump itu menyerukan pembentukan negara Palestina dengan Quds (Yerussalem) timur sebagai ibu kotanya, sembari mengakui kedaulatan Israel atas blok pemukiman besar imigran Zionis di Tepi Barat. Prakarsa itu segera ditolak oleh Presiden Palestina Mahmoud Abbas.

Baca:Palestina: ‘Deal of Century’ Lindungi Trump dari Pemakzulan

Dujarric mengatakan: “Pendirian PBB pada solusi dua-negara telah ditentukan, sepanjang tahun, oleh resolusi-resolusi relevan Dewan Keamanan dan Majelis Umum di mana Sekretariat ini terikat.”

Resolusi-resolusi itu menyebutkan bahwa semua permukiman Israel di Tepi Barat adalah ilegal, dan menyerukan solusi berdasarkan perbatasan sebelum perang Arab-Israel tahun 1967, dengan pertukaran lahan yang disepakati. (mm/raialyoum)

DISKUSI: