Pesan Kesepakatan Militer Iran-Suriah: Teheran akan Buat Tel Aviv Membayar Mahal

0
244

Damaskus,LiputanIslam.com-Harian terbitan Lebanon, al-Akhbar, menilai bahwa kesepakatan militer Iran-Suriah membuat Israel khawatir. Sebab, kesepakatan ini akan menciptakan perkembangan penting. Karakteristik dari kesepakatan ini adalah adanya pesan-pesan dalam beberapa poros.

Al-Akhbar menulis, kesepakatan ini dijalin setelah diberlakukannya sanksi AS atas Suriah yang disebut UU Caesar. Israel juga mengharapkan kekalahan aliansi Teheran-Damaskus dengan terus melancarkan serangan udara ke wilayah Suriah. UU Caesar diberlakukan untuk memblokade Pemerintah dan rakyat Suriah serta menundukkan mereka. Namun, tulis al-Akhbar, kesepakatan terbaru ini menantang UU Caesar secara terbuka.

Dengan tindakan ini, Iran menunjukkan telah menguatkan tekad untuk memperluas hubungan dengan Suriah. Di lain pihak, Suriah juga memutuskan untuk mengacaukan kalkulasi-kalkulasi Israel dan menyiapkan diri untuk menghadapi ancaman yang terus meningkat.

Menurut al-Akbar, kesepakatan ini adalah jawaban atas delusi keluarnya Iran dari Suriah, seperti yang diimpikan Israel. Tel Aviv sendiri tahu bahwa jumlah konsultan Iran di Suriah sangat sedikit. Sebab itu, semua isu tentang gugurnya anggota IRGC dalam serangan udara Israel adalah klaim kosong belaka.

Harian Lebanon ini menyatakan, Iran telah mengirim pesan bahwa pihaknya memiliki berbagai opsi yang bisa membuat Israel harus membayar mahal; opsi-opsi yang tentu selaras dengan kepentingan bangsa-bangsa di Kawasan yang menderita karena serangan Israel. (af/fars)

Baca Juga:

Ini Reaksi Pentagon terhadap Kesepakatan Militer Iran-Suriah

Mantan Petinggi CIA: Iran dan China Menang, dan Kita Kalah

DISKUSI: