Pasukan Zionis Bunuh Dua Remaja Palestina di Tepi Barat

0
146

Ramallah, LiputanIslam.com   Pasukan Zionis Israel menembak mati dua remaja Palestina dalam insiden terpisah di wilayah pendudukan Tepi Barat, ungkap Kementerian Kesehatan Palestina, Jumat (7/10).

Menurut kementerian ini, seorang remaja berusia 14 tahun ditembak di kota Qalqilya di wilayah utara  Tepi Barat, dan satu remaja lain gugur di desa al-Mazra’a al-Gharbiyah dekat Ramallah.

Militer Israel mengaku melakukan kegiatan rutin di dekat Qalqilya pada Jumat pagi ketika seorang tersangka melemparkan bom molotov ke pasukannya, yang membalas dengan tembakan langsung.

Kantor berita Palestina WAFA melaporkan terjadi konfrontasi antara warga Palestina dan pasukan Israel di kawasan tersebut, dan remaja yang diketahui bernama Adel Ibrahim Daoud ditembak di dekat pagar pemisah Israel.

Di al-Mazra’a al-Gharbiyah, saksi mata mengatakan tentara Israel menembaki penduduk Palestina yang terlibat bentrok dengan pemukim Israel, hingga  seorang remaja Palestina bernama Mahdi Ladadweh, 17 tahun,  gugur dan yang lain cedera.

Militer Israel mengklaim “perusuh” melemparkan batu ke pemukim dan pasukan Israel, menyebabkan seorang tentara menderita luka ringan, dan pasukan itu membubarkan kerusuhan “sesuai dengan prosedur operasi standar”, termasuk tembakan langsung.

Di pihak lain, Juru bicara Presiden Palestina Nabil Abu Rudeineh mengatakan, “Kejahatan ini adalah bagian dari serangkaian pelanggaran dan eksekusi lapangan terhadap rakyat kami. Kebijakan ini akan menyebabkan ledakan situasi dan lebih banyak ketegangan dan instabilitas.”

Israel telah mengintensifkan serangannya di Tepi Barat dalam beberapa bulan terakhir menyusul serangkaian operasi serangan jalanan orang Palestina yang menewaskan 19 orang di kota-kota Israel.

Lebih dari 80 warga Palestina, termasuk pejuang dan warga sipil, gugur sejak Januari, sehingga Komisi Eropa bahkan menyebut tahun ini sebagai tahun paling mematikan di Tepi Barat yang diduduki Israel sejak tahun 2008.

Menurut data PBB, sedikitnya 20 anak di bawah umur Palestina telah gugur di Tepi Barat pada tahun ini. (mm/aljazeera)

Baca juga:

Pasukan Zionis Bunuh Satu Orang Palestina dan Lukai Dua Wartawan

Jihad Islam: Pedang al-Quds Belum Disarungkan

DISKUSI: