Pasukan Yaman Tembak Jatuh Drone Saudi di Najran

0
91

Sanaa, LiputanIslam.com –  Pasukan militer Yaman yang didukung oleh kelompok pejuang Lijan Sha’biyah (Ansarullah/Houthi) berhasil mencegat dan merontokkan satu lagi pesawat nirawak (drone) milik  aliansi Arab Saudi-Uni Emirat Arab.

Sumber anonim militer Yaman menyatakan bahwa ketika sedang menjalani misi pengintaian di angkasa wilayah al-Saw, Privinsi Najran, Saudi, drone itu ditembak jatuh oleh pasukan Yaman dengan menggunakan rudal permukaan ke udara pada Rabu malam (26/2/2020).

Beberapa hari sebelumnya,  militer Yaman meluncurkan empat sistem pertahanan rudal darat-ke-udara buatan lokal. Empat sistem ini dinilai akan dapat mengubah permainan dan arah pertempuran dalam perjuangan bangsa Yaman melawan invasi militer Saudi dan sekutunya.

Ketua Dewan Tinggi Politik Yaman yang juga panglima angkatan bersenjata negara ini, Mahdi al-Mashat, dalam sebuah upacara di ibukota Sanaa, ibu kota Yaman, pada Ahad lalu memperkenalkan empat sistem pertahanan udara yang masing-masing dinamai Fater-1, Thaqib-1, Thaqib-2 dan Thaqib-3. Dia menambahkan bahwa semua sistem itu mulai digunakan setelah sukses diujicoba.

Baca: Yaman Rilis 4 Sistem Pertahanan Udara Baru

Al-Mashat memuji sepak terjang Kementerian Pertahanan Yaman di bidang pengembangan dan modernisasi sistem militer “untuk mencegah atau, jika perlu, untuk menghadapi musuh”.

Dia juga mengatakan, “Sistem pertahanan baru ini akan mengubah arah pertempuran melawan koalisi agresor, dan membuka jalan bagi pengenalan sistem yang lebih canggih untuk melawan target musuh.”

Baca: Pasukan Yaman Gempur Lagi Fasilitas Minyak Aramco Arab Saudi

(mm/alalam/presstv)

DISKUSI: