Pasukan Yaman Serang UEA Lagi, Rinciannya akan Diumumkan

0
307

Sanaa, LiputanIslam.com –   Tentara Yaman dan kelompok pejuang Ansarullah (Houthi) melancarkan serangan lagi ke wilayah Uni Emirat Arab (UEA) hingga setidaknya dilaporkan telah melumpuhkan proses navigasi di bandara UEA.

Serangan itu merupakan gelombang ketiga serangan ke UEA, dan diumumkan oleh juru bicara pasukan Yaman kubu Sanaa tersebut, Brigjen Yahya Saree, di halaman Twitter-nya, pada hari Ahad (30/1).

“Pernyataan penting dari Angkatan Bersenjata Yaman bahwa dalam beberapa jam ke depan akan diumumkan rincian mengenai operasi militer ekstensif di kedalaman wilayah Emirat,” cuit Saree.

Beberapa sumber mengatakan kepada saluran Al-Mayadeen bahwa UEA menghentikan proses navigasi di Bandara Abu Dhabi usai pernyataan Saree tersebut.

“Lumpuhnya proses navigasi di Abu Dhabi adalah akibat operasi serangan kuat Yaman. Operasi berani di jantung Abu Dhabi ini terjadi bersamaan dengan kunjungan Isaac Herzog (Presiden Israel),” ungkap sumber itu.

Tak lama setelah Saree mengumumkan serangan tersebut, Kementerian Pertahanan UEA mengaku pihaknya telah mencegat dan menghancurkan sebuah rudal balistik yang diluncurkan oleh Ansarullah dan sekutunya ke wilayah UEA.

Di halaman Twitter-nya, kementerian ini juga mengklaim “serangan itu tidak menimbulkan kerugian apapun, dan serpihan rudal balistik jatuh di luar kawasan berpenghuni”.

Kementerian Pertahanan UEA juga menyatakan pihaknya “bersiap siaga untuk berinteraksi dengan segala ancaman, dan mengambil semua tindakan yang diperlukan demi melindungi negara dari segala serangan.”

Kementerian itu lantas menyampaikan imbauan kepada masyarakat UEA dengan menyatakan, “Kami mengimbau kepada masyarakat yang mulia untuk mendapatkan semua berita dari pihak-pihak resmi pemerintah”.

Beberapa waktu lalu otoritas UEA mengumumkan akan mengambil tindakan hukum terhadap penyebar video serangan Yaman ke UEA. Otoritas Uni Emirat Arab telah memanggil sejumlah orang setelah beberapa rekaman video amatir dua gelombang serangan sebelumnya tersebar viral di media sosial.

Kejaksaan Umum UEA memperingatakan, “Video-video seperti ini membuat instalasi-instalasi vital dan militer terancam bahaya dan dapat mengusik keamanan dan stabilitas masyarakat.”

Sementara itu, kantor presiden Israel menyatakan bahwa Presiden Israel Isaac Herzog tetap melanjutkan agenda kunjungannya ke UEA meski negara ini telah mendapat serangan dari Yaman.

Dalam peristiwa lain di Yaman, Yahya Saree mengumumkan bahwa pasukan Yaman kubu Sanaa telah menyerang “perkumpulan besar pasukan bayaran UEA dan anasir ISIS” di kawasan Al-Naqub, distrik Usaylan, provinsi Shabwah.

Dia menyebutkan bahwa serangan itu dilakukan dengan menggunakan rudal balistik dan tepat mengena sasaran hingga menjatuhkan banyak korban tewas dan luka serta menyebabkan kebakaran pada lima kendaraan militer. (mm/raialyoum/alalam/rt)

Baca juga:

Israel: Dua dari Lima Drone Yaman Lolos dari Sergapan Pertahanan Udara UEA

UEA Ancam Hukum Orang yang Sebarkan Video Serangan Yaman

 

DISKUSI: