Pasukan Yaman Lancarkan Serangan Besar ke Wilayah Saudi

0
312

Sanaa, LiputanIslam.com –  Sumber-sumber Saudi menyatakan bahwa fasilitas vital di bagian selatan negara ini menjadi sasaran operasi militer berskala besar, Jumat (18/9).

Beberapa jam sebelumnya, Juru Bicara Angkatan Bersenjata Yaman yang bersekutu dengan gerakan Ansarullah (Houthi), Brigjen Yahya Saree, mengumumkan pihaknya telah melancarkan salah satu operasi militer terbesar pasukan Yaman di wilayah Saudi.

Al-Mayadeen melaporkan suara beberapa ledakan skala besar yang mengguncang bagian Jizan dan beberapa daerah lain di selatan Arab Saudi.

Sementara itu, koalisi pimpinan Saud mengaku telah mencegat dan menghancurkan pesawat nirawak yang dilesatkan dari Yaman menuju Bandara Abha.

Menteri Luar Negeri Arab Saudi Faisal bin Farhan Al Saud bersumbar bahwa Riyadh tidak akan membiarkan Houthi menggunakan warga Yaman sebagai “sandera” , dan bahwa Saudi berhak membela diri dan akan merespon serangan.

Seperti diketahui, Yaman dilanda perang antara pasukan loyalis presiden pelarian Abd Rabbuh Mansour Hadi dan pasukan gerakan Ansarullah, yang menguasai Sanaa dan beberapa provinsi sejak 2014.

Sejak Maret 2015, koalisi militer Arab, yang dipimpin oleh Arab Saudi, melancarkan invasi militer ke Yaman dengan dalih membela pemerintahan Mansour Hadi melawan Ansarullah yang didukung oleh Iran.

Perang ini menjatuhkan banyak korban jiwa dan luka serta menyebabkan krisis kemanusiaan terburuk di mana 80 persen penduduk Yaman membutuhkan bantuan, sementara semua sektor negara ini nyaris hancur total, termasuk sektor kesehatan di tengah pandemi Covid-19. (mm/mna)

Baca juga:

Saudi Berencana Beli Sistem Pertahanan Udara dari Israel

Pertahanan Udara Yaman Rontokkan Drone Spionase Saudi

DISKUSI: