Saudi Berencana Beli Sistem Pertahanan Udara dari Israel

0
239

Riyadh,LiputanIslam.com-Setelah AS dikabarkan menarik sistem pertahanan udaranya dari Saudi, media-media kini membocorkan rencana Saudi untuk membeli sistem pertahanan udara Israel sebagai alternatif.

Baru-baru ini, sejumlah media memberitakan AS telah mengeluarkan sistem-sistem pertahanan udaranya dari sekitar Riyadh.

Menurut laporan Associated Press, baterai-baterai sistem pertahanan udara THAAD dan Patriot telah ditarik diam-diam dari pangkalan udara al-Amir Sultan di sekitar Riyadh.

Menukil dari Breaking Defense, Russia Today melaporkan,”Meski diduga bahwa proses penarikan aset-aset pertahanan udara AS dari Timteng akan berlangsung hingga beberapa bulan, namun belum dipastikan kapan dan ke mana aset-aset itu akan dipindahkan.”

Breaking Defense mengutip dari beberapa sumber Zionis, bahwa Saudi tengah serius mengkaji beberapa alternatif untuk mengimpor sistem pertahanan udara. Di antaranya adalah dari China, Rusia, dan Israel.

Berdasarkan laporan ini, Saudi secara spesifik tengah mengkaji impor “Iron Dome” buatan korporasi Israel, Rafael, atau “Barak ER” buatan korporasi IAI yang dirancang untuk menghadang rudal-rudal cruise.

Sumber-sumber Breaking Defense menyatakan, transaksi ini baru akan terwujud jika kedua belah pihak telah mendapatkan persetujuan Washington. (af/alalam)

Baca Juga:

AS Disebut Halangi Upaya al-Hashd al-Shaabi Basmi Teroris

Israel Tuduh Iran Melatih Militan Asing Operasikan Pesawat Nirawak

DISKUSI: