Pasukan Yaman Gempur Bandara Abha Milik Saudi

0
433

Sanaa, LiputanIslam.com –  Angkatan Bersenjata Yaman yang bersekutu dengan kelompok pejuang Ansarullah (Houthi) mengumumkan pihaknya telah melancarkan serangan ke Bandara Internasional Abha di wilayah Arab Saudi, Kamis (17/6).

Juru bicara Angkatan Bersenjata Yaman Brigjen Yahya Saree mengumumkan serangan terbaru itu sembari menyebutkan penggunaan dua unit drone jenis Qasif K2 dalam serangan tersebut dan memastikannya tepat mengena sasaran berupa posisi-posisi militer di dalam area Bandara.

Pasukan Yaman telah berulang kali menyerang bandara itu selama konfrontasinya dengan Arab Saudi dan sekutunya dengan alasan bahwa bandara sipil itu dipakai Saudi untuk melancarkan serangan udara di Yaman.

“Serangan ini datang sebagai balasan alami atas kejahatan agresi dan blokade yang berkelanjutan terhadap Yaman,” lanjut  Saree.

Serangan ini dilancarkan beberapa hari setelah serangan serupa dilakukan oleh pasukan Yaman ke bandara yang sama dengan menggunakan drone dari jenis yang sama.

Pada Maret lalu pasukan Yaman pernah melancarkan tiga kali serangan dalam satu minggu ke Bandara Abha, dan yang terakhir dari tiga serangan itu terjadi bersamaan dengan keberhasilan mereka menembak jatuh drone canggih Saudi di angkasa Provinsi Ma’rib, Yaman.

Selanjutnya, pada bulan April Yahya Saree mengumumkan serangan ke sebuah posisi penting dalam bandara itu, sembari menyatakan bahwa Angkatan Bersenjata Yaman sedang menghitung waktu untuk melancarkan operasi militer khusus bersandi “Syahid Salih Al-Samad”.

Yaman dilanda perang antara pasukan loyalis presiden pelarian Abd Rabbuh Mansour Hadi dan pasukan gerakan Ansarullah, yang menguasai Sanaa dan beberapa provinsi sejak 2014.

Sejak Maret 2015, koalisi militer Arab, yang dipimpin oleh Arab Saudi, melancarkan invasi militer ke Yaman dengan dalih membela pemerintahan Mansour Hadi melawan Ansarullah yang didukung oleh Iran.

Perang ini menjatuhkan banyak korban jiwa dan luka serta menyebabkan krisis kemanusiaan terburuk di mana 80 persen penduduk Yaman membutuhkan bantuan, sementara semua sektor negara ini nyaris hancur total, termasuk sektor kesehatan di tengah pandemi Corona. (mm/alalam)

Baca juga:

Bin Salman Dilaporkan Siap Beri Konsesi Baru kepada Yaman

[Video] Pasukan Yaman Gempur dan Tawan Pasukan Saudi dan Sudan di Jizan

 

DISKUSI: