Pasukan Militer Iran, China, Rusia akan Gelar Latihan Perang Bersama

0
265

Beijing, LiputanIslam.com –  Pasukan militer Iran, China dan Rusia akan berpartisipasi dalam latihan militer gabungan dengan sandi ‘Kaukus 2020’ pada akhir September, demikian diumumkan oleh pemerintah China, Kamis (10/9/2020).

Kementerian Pertahanan China saat mengumumkan hal itu juga menyebutkan bahwa pasukan dari Armenia, Belarusia, Myanmar, dan Pakistan juga akan berpartisipasi dalam manuver militer tersebut.

Latihan tempur itu dijadwalkan berlangsung pada tanggal 21 hingga 26 September, dan akan berfokus pada taktik pertahanan, pengepungan, serta kendali dan komando medan perang.

Kementerian Pertahanan China menyatakan latihan itu memiliki makna tersendiri “pada momen penting ketika seluruh dunia sedang memerangi pandemi (Covid-19)”.

Iran, China, dan Rusia dalam beberapa tahun terakhir telah meningkatkan kerjasama militer dan diplomatik mereka untuk melawan kebijakan agresif dan kehadiran ekstra-teritorial Amerika Serikat (AS) di wilayah mereka.

Pada Akhir tahun lalu, ketiga negara itu menggelar latihan tempur maritim selama empat hari dengan sandi “Sabuk Keamanan Laut” untuk mempromosikan keamanan dan perdamaian regional serta menjaga keamanan perdagangan internasional di Laut Oman dan Samudera Hindia. (mm/fna)

Baca juga:

Iran Gelar Latihan Militer Besar-Besaran di Teluk Persia dan Sekitarnya

Iran dan Turki Bersama Mengecam Normalisasi Hubungan UEA dengan Israel

DISKUSI: