Pasukan Kurdi Suriah Siapkan Serangan ke Bagian Penjara Tempat Perlindungan ISIS

0
301

Hasakah, LiputanIslam.com –   Pasukan Kurdi Suriah yang memimpin Pasukan Demokrasi Suriah (SDF), Senin (24/1), bekerja untuk menyerang bagian-bagian di mana kawanan teroris ISIS bersembunyi di dalam penjara Ghweran, Hasakah, di bagian timur laut Suriah.

Perkembangan itu terjadi di tengah kekhawatiran akan nasib ratusan anak di bawah umur yang ditahan di penjara, setelah kontak senjata antara kedua pihak selama berhari-hari menewaskan 154 orang, menurut Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (SOHR).

Kontak senjata yang berlangsung sejak Kamis pekan lalu itu menyebabkan sekitar 45.000 warga meninggalkan rumah mereka di kota Hasakah, menurut catatan PBB pada hari Senin, sementara Administrasi Otonomi Kurdi memberlakukan “larangan total” dari Senin hingga akhir bulan ini dengan tujuan “mencegah sel teroris dari infiltrasi eksternal.”

Lebih dari 1000 anggota ISIS, yang berada di luar dan di dalam penjara, berpartisipasi dalam serangan terkoordinasi yang dimulai Kamis malam melalui operasi yang dianggap “terbesar dan paling kejam” sejak ISIS kalah di Suriah pada tiga tahun lalu.  SDF masih bekerja untuk mendapatkan kembali kendali penuh atas wilayah tersebut.

Observatorium melaporkan bahwa unit pasukan keamanan Kurdi dan pasukan kontra-teroris SDF telah membawa “kendaraan lapis baja ke halaman penjara Ghweran,” setelah “sebagian besar anggota ISIS yang bersembunyi di bangunan penjara menolak untuk menyerah.” (mm/raialyoum)

Baca juga:

120-an Orang Tewas, Pasukan Kurdi Suriah Berhasil Kuasai Penjara Hasakah dari Serbuan ISIS

[Video:] Lusinan Orang Tewas dalam Kontak Senjata Kurdi-ISIS Usai Serbuan ISIS ke Penjara di Hasakah

DISKUSI: