[Video:] Lusinan Orang Tewas dalam Kontak Senjata Kurdi-ISIS Usai Serbuan ISIS ke Penjara di Hasakah

0
528

Hasakah, LiputanIslam.com –   Kawasan timur laut Suriah diwarnai kontak senjata sengit   antara pasukan Kurdi dan kawanan teroris ISIS hingga  menewaskan lebih dari 40 teroris ISIS, 23 milisi Kurdi dan lima warga sipil, menyusul serbuan ISIS ke Penjara Ghweran, Hasakah, yang menyebabkan beberapa teroris yang ditahan kabur dari penjara yang dihuni oleh ribuan anggota ISIS tersebut.

ISIS juga beraksi di Irak dan menyebabkan 11 tentara tewas dalam serangan terhadap sebuah markas tentara Irak pada dini hari Jumat di provinsi Diyala, timur laut Baghdad, menurut seorang pejabat militer setempat.

Serangan ISIS ke Penjara Ghweran tercatat sebagai serangan terbesar kelompok teroris itu sejak mereka kalah di Suriah pada Maret 2019.

Pasukan Demokrat Suriah (SDF), yang komponen utamanya adalah milisi Kurdi,  melancarkan operasi perlawanan terhadap hingga kemudian pecah pertempuran antara kedua belah pihak.

Menurut Observatorium Suriah untuk HAM (SOHR), pertempuran itu menewaskan 39 anggota ISIS, 23 pasukan keamanan Kurdi dan lima warga sipil , dan kontak senjata masih berlangsung di dalam penjara besar itu dan sekitarnya.

Tanpa mempekirakan jumlah, SOHR menyebutkan bahwa beberapa tahanan berhasi kabur dari penjara itu, sementara sekira ratusan tahanan lainnya yang berusaha kabur tertangkap.

ISIS menyerbu Penjara Ghweran dengan memanfaatkan situasi krisis akibat putusnya aliran listrik yang menyebabkan ratusan orang meninggalkan daerah setempat. (mm/raialyoum)

 

 

DISKUSI: