120-an Orang Tewas, Pasukan Kurdi Suriah Berhasil Kuasai Penjara Hasakah dari Serbuan ISIS

0
218

Hasakah, LiputanIslam.com –   Staf umum milisi Pasukan Demokrasi Suriah (SDF) yang dipimpin milisi Kurdi menyatakan pihaknya sudah berhasil menguasai dan mengendalikan situasi di penjaraGhweiran di provinsi Hasakah, Suriah, setelah sekian hari bertempur melawan pasukan teroris ISIS.

Dikutip kantor berita North, SDF menjelaskan bahwa penjara itu telah diserbu oleh sekira 200 teroris ISIS yang beberapa di antaranya adalah penyerang bunuh diri.

Tapi kemudian SDF menyatakan, “Penjara Ghweiran telah sepenuhnya dikuasai oleh pasukan kami, dan dalam tiga hari kami berhasil melumpuhkan 175 anggota DAESH (ISIS).”

Sementara itu, Observatorium Suriah untuk HAM (SOHR) mencatat jumlah korban tewas dalam pertempuran itu sejauh ini mencapai lebih dari 120 orang, termasuk 39 anggota SDF, 77 teroris ISIS, dan tujuh warga sipil.

Namun SOHR juga menyatakan tidak tertutup kemungkinan jumlah korban yang sebenarnya jauh lebih besar, sementara jumlah korban luka juga besar dengan kondisi beberapa di antaranya kritis.

Pertempuran sengit itu pecah antara SDF dan ISIS hingga tercatat sebagai peristiwa kekerasan yang paling berdarah sejak Maret 2019, ketika ISIS pada Kamis lalu mulai menyerang penjara terbesar di Hasakah yang menampung ribuan tahanan ISIS.

Ahad kemarin (23/1), SDF memasuki hari keempat dalam pertempuran yang menyebabkan puluhan tahanan ISIS kabur.

Di kanal telegramnya ISIS mengaku telah menguasai sebuah gudang amunisi di penjara tersebut dan berhasil melarikan ratusan tahanan. (mm/fna)

DISKUSI: