Pasukan Koalisi Kirim Pasukan ke Ma’rib untuk Bendung Gerak Maju Ansarullah Yaman

0
51

Aden, LiputanIslam.com –  Sumber-sumber militer dan pemerintahan presiden pelarian Yaman Abd Rabbuh Mansour Hadi menyatakan bahwa pasukan koalisi yang dipimpin Arab Saudi telah mengirim pasukan ke kota Ma’rib dan meningkatkan serangan udaranya untuk menghadang gerak maju pasukan Ansarullah.

Pertempuran di sekitar kota dan daerah kaya minyak itu semakin berkecamuk setelah Ansarullah mengalami pergerakan maju untuk merebut daerah yang menjadi kubu pertahanan terakhir pasukan loyalis Hadi dan sekutunya tersebut.

Pertempuran itu menyulitkan upaya Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan Amerika Serikat untuk mengadakan solusi politik bagi perang Yaman yang sudah berlangsung lebih dari enam tahun, sementara pihak Ansarullah menyatakan akan terus bertempur melawan musuh-musuhnya selagi pasukan koalisi tidak menghentikan invasi militer di Yaman dan mencabut blokadenya terhadap negara ini.

Sumber-sumber di Ma’rib mengatakan kepada Reuters bahwa ratusan pasukan telah tiba di Ma’rib dari Hadhramaut dan Shabwah di Yaman selatan yang menjadi basis pemerintahan Hadi dan dari kawasan sekitar provinsi Sanaa di Yaman utara.

Salah seorang penduduk kota Ma’rib mengatakan bahwa pasukan tambahan itu telah melintasi kota ini pada hari Kamis manakala jet-jet tempur pasukan koalisi melancarkan beberapa kali serangan udara.

Dia juga mengaku mendengar suara-suaran dentuman yang berasal dari lokasi pertempuran yang berjarak sekira 30 kilometer dari kota. Menurutnya, di sana kedua pihak saling menyerang dengan melepaskan bom. (mm/raialyoum)

Baca juga:

AS Resmi Hapus Ansarullah dari Daftar Organisasi Teroris

Ansarullah Rebut Pangkalan Militer Strategis di Sekitar Kota Ma’rib

 

DISKUSI: