Pasukan Israel Bunuh Pemuda Palestina dalam Serangan di Tepi Barat

0
248

Ramallah, LiputanIslam.com   Pasukan Zionis Israel membunuh seorang pemuda Palestina dalam  serangan mereka ke wilayah pendudukan Tepi Barat.

Kementerian Kesehatan Palestina, Rabu (11/1), mengumumkan bahwa korban bernama Ahmed Abu Junaid, 21 tahun, itu gugur karena luka tembak di kepala akibat serangan tentara Israel ke kamp pengungsi Balata di kota Nablus di bagian utara Tepi Barat.

Dengan demikian, jumlah orang Palestina yang terbunuh oleh tembakan Israel pada tahun 2023 bertambah menjadi lima orang, termasuk tiga anak kecil.

Tentara Israel mengaku sedang melakukan operasi penangkapan di Tepi Barat pada Rabu pagi. Di kamp pengungsi Balata, tembak-menembak meletus antara pejuang Palestina dan pasukan keamanan Israel, dan kemudian seorang Palestina tertembak.

Kelompok pejuang Palestina Arin Al-Usud (Sarang Singa) yang berbasis di Tepi Barat dalam sebuah statemennya mengaku telah menyerang pasukan pendudukan Israel yang menyerbu kamp Balata pada dini hari Rabu.

“Kelompok Sarang Singa menghadapi dan bentrok dengan pasukan pendudukan Zionis dengan tembakan peluru setelah mereka menyerbu kamp Balata saat fajar hari ini, Rabu 11/1/2023,” bunyi statemen itu.

Pejabat kesehatan Palestina mengatakan bahwa pasukan khusus Israel mengepung sebuah rumah di kamp yang padat penduduk dan melepaskan tembakan tajam, gas air mata, dan granat kejut ke kerumunan pemuda.

Brigade Syuhada Al-Aqsa, sayap bersenjata Fatah, partai politik yang mengendalikan Otoritas Palestina, menyatakan bahwa Abu Junaid adalah anggotanya.

Sejak Maret 2022, serangan militer Israel meningkat di Tepi Barat saat tentara Zionis menindak orang Palestina yang sebagian besar berada di kamp-kamp pengungsi.

Kelompok HAM Israel B’Tselem menyatakan sedikitnya 146 warga Palestina dibunuh oleh pasukan keamanan Israel pada tahun 2022 di Tepi Barat dan Al-QudsTimur.

Jumlah korban gugur tahun lalu itu tercatat sebagai yang tertinggi setelah peristiwa intifada kedua pada tahun 2004. (mm/aljazeera/alalam)

Baca juga:

Turki Menekan Hamas Usai Rekonsiliasi Ankara-Tel Aviv

Intelijen Iran Bongkar Dua lagi Kelompok Agen Spionase Israel

DISKUSI: