Pasukan Iran Nyatakan Sanggup Musnahkan Semua Pangkalan AS  di Kawasan “Dalam Sesaat”

0
323

Teheran, LiputanIslam.com –  Pasukan elit Iran Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) menyatakan bahwa pasukan Iran sanggup menghancurkan semua pangkalan Amerika Serikat (AS) di kawasan Teluk Persia dan sekitarnya dalam sesaat.

Komandan Pasukan Dirgantara IRGC Brigjen Amirali Hajizadeh dalam wawancara televisi Iran, Sabtu (16/1), mengatakan, “Meski AS memiliki kekuatan, tapi IRGC telah belajar bagaimana memerangi mereka. IRGC dapat menggempur mereka, menghancurkan sistem-sistem pertahanan mereka, dan mengarahkan pukulan terhadap mereka dengan menembakkan 500 rudal dalam sesaat sehingga mereka tak sempat mengganti kerugian mereka.”

Seperti diketahui, pasukan elit Iran Korps Garda Revolusi Islam Iran sejak Jumat lalu (15/1) menggelar latihan perang bersandi “Payambar-e Azam 15” (Nabi Besar 15) di daerah gurun tengah Iran dengan melesatkan rudal dan pesawat nirawak Pasukan Dirgantara-nya antara lain ke sasaran musuh buatan di Samudera Hindia.

Sementara itu, sumber-sumber politik dan keamanan senior Israel mengungkapkan bahwa tak seperti apa yang ramai diberitakan belakangan ini mengenai kemungkinan pecahnya perang AS-Iran, para petinggi Kementerian Pertahanan AS, Pentagon, justru telah menyampaikan kepada para pejabat Israel yang mereka temui dalam beberapa hari terakhir bahwa Presiden AS Donald Trump tidak akan melancarkan serangan terhadap Iran.

Disebutkan pula bahwa para pejabat Pentagon itu bahkan juga menekankan bahwa seandainya Trump mengupayakan serangan itu maka akan ada beberapa kekuatan politik dan militer AS yang akan mencegahnya.

Di pihak lain, sumber-sumber Israel serta jurnalis dan analis urusan keamanan Israel Amos Harel di surat kabar Haaretz menyatakan bahwa Israel memanfaatkan hari-hari terakhir pemerintahan Trump untuk menambah tekanan terhadap Iran melalui serangan ke “sasaran-sasaran Iran” di Suriah.

Menurut mereka, serangan itu membawa pesan kepada AS bahwa Israel tak peduli siapa presiden AS sehingga akan terus melanjutkan serangan anti-Iran. (mm/raialyoum)

Baca juga:

[Video]: Dua Rudal Balistik Iran Meledak Dekat Kapal Induk AS di Samudera Hindia

[Video]: Pasukan Elit Iran Kombinasikan Gempuran Drone dan Rudal

DISKUSI: