Pasukan Iran Lepaskan Tanker Vietnam yang Direbutnya dari Tangan Pasukan AS

0
408

Teheran, LiputanIslam.com –  Pasukan elit Iran Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC) mengumumkan pihaknya telah melepaskan kapal tanker Vietnam, Sothys, yang telah berkolaborasi dengan Angkatan Laut (AL) AS di Laut Oman dalam aksi perompakan dan pencurian kargo minyak mentah Iran.

IRGC, Rabu (10/11), menyebutkan bahwa setelah menguras minyak Iran dari kapal tanker lain, kapal Sothys disita oleh IRGC dan belakangan ini dilepaskan di Bandar Abbas di pantai selatan Iran di perairan Teluk Persia.

Pada hari itu sebuah upacara diadakan untuk menghormati aksi heroik Angkatan Laut IRGC  menggagalkan upaya pencurian minyak yang dibeking oleh pasukan AS.

Upacara itu diadakan di hadapan Komandan Umum IRGC Mayjen Hossein Salami dan Komandan Angkatan Laut IRGC Laksamana Alireza Tangsiri serta komandan dan pasukan IRGC lainnya.

Dalam pidato pada upacara itu, Jenderal Salami menghargai Angkatan Laut IRGC karena telah menciptakan epik yang begitu hebat.

Dia menekankan bahwa  IRGC mengadopsi tindakan profesional dalam konfrontasi dengan armada AL AS.

“Dengan penguasaan dan kewaspadaan Anda, Anda menunjukkan bahwa pesona musuh kosong belaka dan hanya memiliki aspek geometris”, ungkapnya.

Menurutnya, pasukan IRGC memperkuat posisi bangsa Iran melawan “rezim teroris” AS.

Pada 24 Oktober lalu AL IRGC melawan upaya AS mencuri kargo minyak Iran di Laut Oman dalam pelanggaran mencolok terhadap aturan internasional, yang dipandang sebagai langkah lain untuk meningkatkan ketegangan terhadap Teheran.

Dalam peristiwa itu mula-mula pasukan AS menahan sebuah kapal tanker pengangkut minyak Iran yang akan diekspor di perairan Laut Oman. Mereka memindahkan muatan minyak mentahnya ke kapal tanker lain yang berlayar ke tujuan yang tak jelas.

AL  IRGC lantas mengambil tindakan segera dengan mengepung tanker kedua itu, mendaratkan pasukan di geladak kapal itu dari helikopter untuk kemudian menggelandangnya ke perairan teritorial Iran.

Beberapa helikopter militer dan kapal perang AS kemudian datang untuk merebut kapal tanker itu tapi gagal berkat ketegasan AL IRGC.

Dalam peristiwa itu AL AS sempat berusaha memblokir jalur kapal tanker dengan mengerahkan beberapa kapal perang tambahan dan helikopter, tapi tetap terdesak mundur oleh tekad AL IRGC sehingga kapal itu berhasil disita oleh pasukan Iran. Belakangan dilaporkan bahwa kapal tanker itu telah dilepas oleh IRGC. (mm/fna)

Baca juga:

Soal Konfrontasi Pasukan IRGC VS AL AS, Komandan Iran: AS Bohong Mengaku Hanya Melihat

[Video:] Amuk Senjata dan Mesin Perang Iran di Laut Oman

DISKUSI: