Pasukan Iran Gempur Posisi Teroris di Wilayah Kurdistan Irak

0
239

Teheran, LiputanIslam.com   Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) Iran kembali menyerang dan menghancurkan posisi-posisi kelompok teroris yang beroperasi di wilayah semi-otonom Kurdistan Irak.

Angkatan Darat IRGC melancarkan putaran baru serangan artileri dan drone terhadap kubu-kubu pertahanan militan di Irak utara pada Senin pagi (26/9). IRGC menggunakan senjata serangan pintar dan presisi selama operasi, dan menggempur tempat pertemuan, kamp pelatihan, dan ruang operasi kelompok teroris di wilayah Kurdistan Irak.

Perkembangan itu terjadi dua hari setelah IRGC juga telah menggempur pangkalan militan di wilayah Kurdistan setelah teroris berusaha memicu kerusuhan di kota-kota perbatasan barat Iran.

Dalam sebuah pernyataan saat itu IRGC menegaskan bahwa pasukan Iran memberikan tanggapan tegas terhadap “serangan teror” setelah pejabat Pemerintah Daerah Kurdistan (KRG) gagal mengambil tindakan yang tepat, dan tidak memperhatikan banyak peringatan yang diberikan kepada mereka.

IRGC menambahkan bahwa operasi akan berlanjut untuk “memastikan keamanan perbatasan yang berkelanjutan dan menghukum teroris kriminal” dan meminta pertanggungjawaban pejabat di Irak utara untuk memenuhi tugas hukum mereka sesuai peraturan internasional.

Teheran telah berkali-kali memperingatkan otoritas KRG bahwa Iran tidak akan mentolerir kehadiran dan aktivitas kelompok teroris di sepanjang perbatasan barat lautnya, dan karena itu Iran akan memberikan tanggapan tegas jika daerah-daerah itu menjadi pusat teroris anti Iran.

Mei lalu IRGC menyerang dan menghancurkan posisi kelompok teroris yang beroperasi di Erbil, ibu kota wilayah Kurdistan Irak.

September tahun lalu, IRGC melancarkan serangan di Irak utara, di mana mereka menghancurkan empat pangkalan kelompok-kelompok musuhnya.(mm/mna)

Baca juga:

Presiden Iran: Imperium Media Barat Mendistorsi Fakta dan Mengubah Definisi Terorisme

Media AS Sebut Drone Tempur Iran Ubah Keadaan di Ukraina

DISKUSI: