Pasukan Iran Dikabarkan Baku Tembak dengan Taliban di Perbatasan, Benarkah?

0
646

Teheran, LiputanIslam.com –  Pasukan penjaga perbatasan Iran terlibat kontak senjata dengan orang-orang bersenjata Afghanistan di kawasan perbatasan Sistan Iran dan provinsi Nimruz, Afghanistan. Berbagai laporan dan rekaman peristiwa ini tersiar pada hari Rabu (1/12), beberapa di antaranya menyebutkan bahwa pasukan Iran baku tembak dengan pasukan Taliban.

Situs berita Fars milik Iran menyebutkan bahwa sejumlah orang senjata di provinsi Nimruz di sekitar daerah perbatasan di desa Shaghalak di daerah Hirmand telah melepaskan tembakan ke arah para petani Iran sehingga pasukan penjaga perbatasan Iran segera membalas melepaskan tembakan.

Disebutkan konfrontasi itu berlangsung selama beberapa menit dan kedua pihak sempat menggunakan senjata-senjata semi berat. Meski demikian, peristiwa itu tak sampai menjatuhkan korban, dan situasi kembali pulih berkat koordinasi pihak-pihak terkait.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Saeed Khatibzadeh pada Rabu malam mengatakan, “Pada sore hari ini perselisihan antarwarga perbatasan telah menyebabkan terjadinya penembakan di daerah perbatasan Sistan, namun masalah ini sudah berakhir dan terkelola dengan adanya koordinasi pasukan penjaga perbatasan dari kedua belah pihak.”

Menurut Fars, kontak senjata tersebut berada di daerah yang belum ditempati oleh pasukan resmi Taliban sehingga berbagai kelompok penjahat dan penyelundup narkoba masih berkeliaran dan beraktivitas di sana.

Dengan demikian, tidak benar laporan yang menyebutkan bahwa pasukan Iran telah terlibat kontak senjata dengan pasukan Taliban.

Pejabat keamanan Iran di Provinsi Sistan Balucistan Mohammad Hadi Marashi mengatakan, “Kontak senjata itu ringan, sudah berakhir dan tak sampai menimbulkan kerusakan pada pos-pos perbatasan.” (mm/fna)

Baca juga:

Iran Tak Terima Kurang dari Pencabutan Sanksi Secara Total, Israel Mengancam

Sesi Pembukaan Perundingan Nuklir Berakhir, Ini Kata Ketua Delegasi Iran

DISKUSI: