Pasukan Elit Iran Luncurkan Sistem Radar Pendeteksi Jet Siluman

0
113

Teheran, LiputanIslam.com –  Pasukan elit Iran Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) meluncurkan sebuah sistem militer yang akan menjadi kendala serius bagi jet-jet siluman Amerika Serikat (AS).

Dalam sebuah upacara khusus, Selasa (6/10/2020), IRGC mengumumkan bahwa sebuah sistem radar baru yang sepenuhnya dibuat oleh Pasukan Dirgantara IRGC telah bergabung dengan IRGC.

Radar yang dibuat untuk mendukung jaringan radar pertahanan udara Iran itu akan menjadi kendala bagi jet-jet tempur siluman AS semisal RQ-170 yang selama ini dikenal dapat berkelit dari radar.

IRGC telah menyajikan dua jenis baru sistem radar Qadir yang diungkap pertama kali pada tahun 2013, dan sebelumnya Angkatan Bersenjata Iran telah didukung dengan 800 sistem yang tersebar di berbagai penjuru wilayah negara ini.

Sistem radar Iran Qadir  merupakan “jenis radar array bertahap”, yang mengandung sejumlah besar pemancar dan penerima “dalam format empat arah dan tanpa rotasi dan gerakan mekanis.”

Sistem ini mencakup semua sudut, yaitu 360 derajat dengan jangkauan hampir 1000 km, dan dioperasikan hanya oleh tiga personel.

Sistem baru itu dinilai unggul karena dapat mendeteksi berbagai jenis pesawat siluman, selain kemampuannya menghadapi peperangan elektronik serta berbiaya rendah dan diproduksi di dalam negeri.

Komandan Pasukan Dirgantara IRGC Brigjen Amir Ali Hajizadeh memastikan tingginya kemampuan negaranya dalam produksi peralatan militer yang berbeda. Dia juga menyebut Iran masuk dalam 10 negara besar yang memproduksi radar.

“Di antara 20 negara pembuat radar di dunia, tentu Iran masuk dalam 10 besar,” kata Jenderal Hajizadeh dalam kata sambutannya pada upacara tersebut.

Dia menambahkan bahwa jaringan radar saling melengkapi yang dikembangkan oleh Angkatan Bersenjata Iran dan IRGC merupakan salah satu pencapaian utama militer Iran, dan bahwa para profesional muda Iran mampu menghasilkan semua radar yang dibutuhkan oleh pasukan operasional.

Angkatan Bersenjata Iran pada September lalu menyatakan bahwa negara republik Islam ini telah mencapai tahap swasembada di bidang produksi dan meluncurkan radar semikonduktor buatan dalam negeri bernama Soroush dengan kemampuan untuk mendeteksi dan melacak target siluman dan sistem integrasi radar pintar. (mm/fna/raialyoum)

Baca juga:

“Iran Masuk Lima Besar Negara Dunia Berteknologi Drone”

Jubir IRGC: AS dan Eropa Tak Sanggup Berkonfrontasi dengan Iran

DISKUSI: