“Iran Masuk Lima Besar Negara Dunia Berteknologi Drone”  

0
77

Teheran, LiputanIslam.com –  Komandan unit pasukan drone Vali-e Asr dari Pasukan Darat Angkatan Bersenjata Iran Brigjen Shahram Hassannejad menyebut negaranya masuk dalam lima besar negara produsen drone terbaik di dunia.

“Kami adalah salah satu dari lima negara unggul di dunia di bidang (teknologi) drone,” katanya, seperti dikutip situs pemberitaan Fars milik Iran, Kamis (1/10/2020).

“Saat ini, semua drone yang digunakan oleh Tentara dan Angkatan Bersenjata Republik Islam Iran diproduksi sepenuhnya di dalam negeri dan tidak ada bagian yang diimpor,” tambahnya.

Iran merupakan negara yang terus meraksasa dari segi militer meskipun terus menerus dihantam badai sanksi dan embargo. Komandan Pasukan Dirgantara Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) Brigjen Amir Ali Hajizadeh September lalu menyatakan negaranya sekarang masuk dalam 10 besar negara dunia di bidang produksi rudal dan drone serta teknologi luar angkasa.

Dia menambahkan, “Hari ini, kami telah naik dari tingkat regional, kami menikmati posisi global di berbagai bidang rudal, rudal jelajah, pertahanan udara, drone, dan area luar angkasa, dan kami termasuk di antara 5 hingga 10 teratas di dunia.”

Dalam hal ini dia antara lain menyebutkan contoh keberhasilan IRGC mengorbitkan satelit militer pertama Iran “ Nour 1” pada April lalu.

“Hari ini, kita dapat melihat titik mana pun di dunia yang kita inginkan melalui satelit ini dari ketinggian 430 km,” ujarnya.

Bulan lalu Iran membekali Angkatan Laut IRGC dengan ratusan drone dan helikopter baru buatan dalam negeri serta tiga pesawat tinggal landas dan mendarat vertikal (VTOL) yang baru dikembangkan.

Dalam upacara penyerahan itu dilakukan peluncurkan tiga unit drone yang masing-masing dinamai Sepehr, Shahab 2 dan Hodhod 4. (mm/fna)

Baca juga:

Terus Tantang AS, Kapal Tanker Iran Masuk lagi ke Venezuela

Teheran Bantah Dugaan Pengiriman Senjata ke Armenia via Iran

DISKUSI: