Pasukan Elit Iran Ancam Kejar Pasukan AS di Teluk Persia dan Laut Oman

0
271

Laksamana Alireza Tangsiri

Teheran, LiputanIslam.com – Komandan Angkatan Laut (AL) pasukan elit Iran Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) Laksamana Muda Alireza Tangsiri menyatakan bahwa dalam sebuah peristiwa yang terjadi belakangan ini di Teluk Persia pasukan Amerika Serikat (AS) tidak mengindahkan peringatan dan memasuki area latihan AL Iran, dan karena itu Tangsiri mengancam pihaknya akan mengejar pasukan AS di Teluk Persia dan Laut Oman.

“Mereka telah memasuki area pelatihan kami meskipun sudah diumumkan sebelumnya bahwa latihan sedang berlangsung di sana. Tindakan ini menganggu keamanan dan karena itu mereka diperintahkan agar menyingkir, ”ujar Tangsiri, seperti dilansir FNA, Jumat (2/5/2020).

Tangsiri menegaskan bahwa Iran memandang Teluk Persia sebagai “rumah” sendiri dan karenanya tidak pernah mentolerir aksi provokatif di kawasan ini.

“Bagaimanapun, kami tidak akan menerima kapal penangkap ikan kami untuk diperiksa oleh Amerika, dan helikopter Amerika terbang di atas instalasi minyak lepas pantai kami dan mengabaikan hak-hak kami,” katanya.

Tangsiri menambahkan bahwa tindakan provokatif Washington di Teluk Persia dan tuduhannya terhadap Iran bertujuan “melegitimasi kehadirannya yang tidak sah” di jalur perairan strategis.

Baca: Zarif: AS Eksportir Senjata Terbesar, Tapi Khawatir Iran Membeli Senjata

Menurutnya, negara-negara sekitar Teluk persia sudah menyadari peran negatif Washington di kawasan ini, dan Irak menjadi titik awal untuk pengusiran pasukan AS.

Dia kemudian mengingatkan bahwa IRGC akan “mengejar orang Amerika di mana pun mereka berada” di Teluk Persia dan Selat Hormuz.

Baca: Ayatullah Khamenei: Keamanan Teluk Persia Bukan Tanggungjawab Asing

“Angkatan Laut Angkatan Bersenjata Iran juga akan mengejar mereka di Laut Oman,” tambahnya. (mm/fna)

DISKUSI: