Ayatullah Khamenei: Keamanan Teluk Persia Bukan Tanggungjawab Asing

0
115

Teheran, LiputanIslam.com – Pemimpin Besar Iran Ayatullah Sayyid Ali Khamenei menegaskan bahwa keamanan Teluk Persia merupakan tanggungjawab negara-negara kawasan ini sendiri, bukan negara-negara asing.

Hal tersebut dia tegaskan di halaman Twitter-nya sembari mengingatkan bahwa Teluk Persia adalah milik negara-negara yang tinggal di kawasan ini sehingga mereka sendirilah yang bertanggung jawab menjamin keamanannya.

“Iran dengan garis pantainya yang panjang memiliki peran penting dalam menjaga keamanan kawasan ini. Dengan rahmat Allah, kami akan melakukan bagian kami. Ini merupakan tugas historis, geografis dan regional kami, ” ungkap Ayatullah Khamenei dalam postingan berkenaan dengan peringatan Hari Teluk Persia Nasional, seperti dikutip FNA, Kamis (30/4/2020).

Dia juga menyatakan bahwa “kebijakan kolektif yang bijaksana dan rasional” yang mendukung kepentingan penduduk kawasan Teluk Persia tidak akan tercapai selagi pasukan asing masih bercokol di kawasan strategis dan kaya minyak ini.

Pemimpin Besar Iran berserban hitam sebagai tanda keturunan Rasulullah saw itu kemudian menegaskan,  “Teluk Persia adalah rumah kami dan tempat keberadaan bangsa Iran yang besar. Pantai Teluk Persia dan sebagian besar Teluk Oman adalah milik bangsa ini, dan mereka harus ada di sana. Bangsa ini harus menunjukkan kekuatannya. Kami adalah bangsa yang tangguh dengan sejarah yang agung.”

Sebelumnya, Presiden Iran Hassan Rouhani juga memperingatkan perilaku AS di Teluk Persia, dan menegaskan bahwa Angkatan Bersenjata Iran tidak akan pernah ragu dalam menjaga Teluk Persia serta wilayah dan kepentingan Iran. (mm/fna)

Baca Juga:

Komentar Pedas Rouhani untuk AS: “Ini Teluk Persia, Bukan Teluk New York ”

Analis Ungkap Maksud Dibalik Provokasi Kapal Perang AS di Teluk Persia

DISKUSI: