Pasukan Elit Iran Ancam Gulung Teroris di Irak Utara

0
406

Sanandaj, LiputanIslam.com –   Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) memperingatkan kepada para pejabat Irak dan wilayah Kurdistan di negara ini bahwa pasukan elit Iran tersebut akan menggulung apa yang disebutnya sarang-sarang teroris di kawasan Irak utara.

Ditujukan kepada para pejabat Irak tersebut, komandan Angkatan Darat IRGC Brigjen Mohammad Pakpour memperingatkan, “Silakan Anda secepatnya menghalau para anasir dan anggota kelompok-kelompok teroris keluar dari Irak utara, karena jika tidak maka kami akan memusnahkan markas-maskas dan pangkalan-pangakalan mereka.”

Dalam sebuah pertemuan “Pejuang Peshmerga Muslim Kurdi” yang diselenggarakan di Sanandaj, Iran, Rabu (29/9), dia menyebutkan adanya persekongkolan musuh-musuh Iran dengan kelompok-kelompok kontra-revolusi Islam Iran yang dia sebut kawanan teroris.

“Terkadang kita melihat para teroris itu membangun markas di wilayah Kurdistan Irak, dan ini tak dapat kami terima sehingga kami akan melakukan tindakan tegas terhadapnya,” ancam Pakpour.

Dia bersumpah bahwa pihaknya tidak akan pernah membiarkan kelompok-kelompok itu melakukan pergerakan sekecil apapun terhadap Iran melalui wilayah Irak utara.

“Sekarang pasukan IRGC berkesiapan penuh dan akan memberikan respon telak terhadap segala bentuk pergerakan musuh,” lanjutnya.

Komandan Angkatan Darat IRGC menyatakan bahwa kelompok-kelompok itu didukung penuh oleh Amerika Serikat (AS), namun ambisi AS sendiri di dunia sudah terbukti kandas, sebagaimana terlihat dengan sangat nyata dari keluarnya pasukan AS dari Afghanistan serta buyarnya tentara pemerintah Afghanistan yang telah bertahun-tahun dibina dan dilatih oleh militer AS.

“Iran sekarang berperan determinan dalam perundingan (nuklir) JCPOA, dan dalam perang militerpun mereka (pasukan AS) juga tidak mampu berkonfrontasi dengan Iran,” pungkasnya.

Apa yang dinyatakan Pakpour bukan sebatas ancaman. Pasalnya, beberapa waktu lalu IRGC juga sudah menggempur dan menghancurkan empat pangkalan kelompok kontra revolusi Islam Iran di Irak Utara.

Saat itu Wakil Komandan Pangkalan IRGC Hamzeh Sayyid Al-Syuhada di barat laut Iran, Brigjen Majid Arjmandfar, memperingatkan bahwa di mana pun kelompok kontra-revolusi ini ditempatkan dianggap sebagai wilayah musuh oleh Iran. (mm/tasnim)

Baca juga:

Pasukan Elit Iran Gempur 4 Markas Kelompok Kontra Revolusi di Irak Utara

PM Israel Sebut Iran Langgar Semua Garis Merah, Ini Tanggapan Sengit Iran

DISKUSI: