Pasukan Ansarullah Yaman Cegat Jet Tempur Saudi di Angkasa Ma’rib

0
570

Sanaa, LiputanIslam.com –  Pasukan Pertahanan Udara Yaman kubu Sanaa telah mencegat sebuah jet tempur pasukan koalisi yang dipimpin Arab Saudi ketika pesawat itu sedang menjalankan misinya di angkasa provinsi Ma’rib, Yaman.

Juru Bicara Angkatan Bersenjata Yaman yang bersekutu dengan Ansarullah (Houthi) Brigjen Yahya Saree, menyatakan “Pada hari kamis Sore (9/12) sebuah jet tempur F-15 milik Angkatan Udara Saudi telah tercegat ketika sedang menjalankan operasi agresifnya di angkasan kawasan Jowba, provinsi Ma’rib.”

Dia menambahkan bahwa operasi pencegatan jet tempur F-15 itu dilakukan dengan menggunakan rudal darat-ke-udara jenis Fatir-1 buatan lokal, dan selanjutnya akan ada penayangan operasi pencegatan tersebut.

Sementara itu, organisasi Entisaf untuk Hak Perempuan dan Anak merilis laporan hak asasi manusia yang menyatakan bahwa sejak dimulainya invasi militer Saudi dan sekutunya di Yaman pada 26 Maret 2015 hingga 8 Desember 2021, tercatat 2.412 wanita tewas dan 2.825 wanita lainnya terluka akibat serangan udara pasukan koalisi.

Laporan itu dirilis bersamaan dengan Hari Hak Asasi Manusia Internasional dan akhir kegiatan organisasi tersebut untuk kampanye 16 hari anti kekerasan terhadap perempuan. Laporan itu membahas kondisi tragis yang dialami kaum perempuan di Yaman selama hampir tujuh tahun akibat agresi dan blokade. (mm/alalam)

Baca juga:

Pasukan Ansarullah Dekati Kota Ma’rib dan Tembak Jatuh Drone Pengintai Milik Saudi

Ansharullah: Musuh Tak Punya Opsi selain Hentikan Agresi dan Blokade Yaman

DISKUSI: