Pasukan Ansarullah Dekati Kota Ma’rib dan Tembak Jatuh Drone Pengintai Milik Saudi

0
506

Sanaa, LiputanIslam.com – Tentara Yaman dan pasukan Ansarullah (kubu Sanaa) telah merebut pegunungan Al-Balagh di dekat kota Marib, dan semakin mendekati keberhasilan merebut seluruh wilayah provinsi Ma’rib yang kaya minyak. Bersamaan dengan ini mereka telah menembak jatuh drone CH-4 milik Arab Saudi.

Sumber lokal Yaman mengatakan kepada saluran berita Al-Mayadeen yang berbasis di Lebanon bahwa pegunungan Al-Balagh Timur telah dibebaskan oleh pasukan kubu Sanaa.

Kawasan itu merupakan salah satu benteng terakhir pasukan yang berafiliasi dengan pemerintahan presiden tersingkir Abd Rabbuh Mansour Hadi di dekat kota Marib, dan pasukan kubu Sanaa telah mencapai kawasan sekitar kota Ma’rib.

Sumber-sumber lokal Yaman, Rabu (8/12), mengatakan bahwa pasukan pemerintah Hadi yang didukung oleh koalisi pimpinan Saudi melarikan diri dari medan perang segera setelah pasukan Yaman bergerak maju.

Sumber tersebut juga memperkirakan bahwa hanya beberapa hari tersisa bagi pasukan Sanaa untuk merebut kota Marib secara penuh.

Pasukan kubu Sanaa memberi ultimatum kepada pasukan yang didukung Saudi dan pasukan bayaran untuk meletakkan senjata dan menyerah.

Dari perkembangan situasi di lapangan tersebut terlihat bahwa serangan udara secara masif yang dilancarkan oleh Saudi gagal menghentikan gerak maju pasukan kubu Sanaa menuju kota Marib.

Sementara itu, sistem pertahanan udara pasukan Sanaa berhasil menembak jatuh sebuah drone tempur dan pengintai CH-4 milik Saudi, Rabu.

Juru bicara tentara Yaman, Brigjen Yahya Saree, menyebutkan bahwa drone buatan China itu tertembak jatuh dengan “senjata yang sesuai” ketika sedang menjalankan operasi agresif di angkasa kawasan Jowba, provinsi Ma’rib.

Sehari sebelumnya, pasukan Sanaa juga berhasil merontokkan drone pengintai milik Saudi jenis Scan Aegle buatan AS. (mm/fna/alalam)

Baca juga:

Saudi Panik, Persediaan Rudal Patriotnya Menipis Sehingga Minta Pasokan Segera dari AS

Tak Sampai Seminggu, Satu lagi Drone Jenis Scan Eagle Buatan AS Tertembak Jatuh Ma’rib

DISKUSI: