Pasukan Ansarullah Mendekat, Zona Militer Diterapkan di Kota Ma’rib

0
383

Sanaa, LiputanIslam.com –  Laporan-laporan dari media Yaman mengabarkan bahwa dengan semakin mendekatnya pasukan Sanaa (tentara Yaman dan pejuang Ansarullah) ke Ma’rib, ibu kota provinsi Ma’rib, pasukan loyalis pemerintahan presiden pelarian Abd Rabbuh Mansour Hadi yang bersekutu dengan pasukan koalisi pimpinan Arab Saudi telah mengumumkan beberapa kawasan di kota itu sebagai zona militer sehingga dikenai berbagai pembatasan.

Partai Al-Islah yang berhaluan Ikhwanul Muslimin dan bersekutu dengan Hadi dan koalisi pimpinan Saudi dalam perang di Yaman belakangan ini menerapkan beberapa ketentuan di kota Ma’rib ketika pasukan Sanaa mencapai kawasan sekitar barisan Pegunungan Al-Balaq.

Dikutip situs berita Al-Majd, sumber-sumber lokal di provinsi Ma’rib, Rabu (10/11), mengatakan bahwa sejak dua hari sebelumnya para anasir partai itu menerapkan larangan lalu lintas di beberapa lingkungan selatan kota Ma’rib.

Menurut sumber-sumber itu, kawasan tersebut merupakan pintu masuk kota itu dari arah selatan dan membentang hingga persimpangan Waduk Ma’rib yang terletak di arah barat kota dan berada di balik bagian tengah barisan pegunugan Al-Balag.

Zona militer ditentukan di pangkalan bahan bakar Ibn Jabir di selatan kota Ma’rib hingga simpang dua Harib, yang belakangan ini telah dikuasai pasukan Sanaa, dan sampai lokasi dekat kawasan Al-Falaj.

Sementara itu, di Sanaa, tentara Yaman pada Rabu malam mengumumkan pihaknya telah menjalankan operasi serangan terhadap kamp-kamp militer di Dhahran Asir, Arab Saudi selatan, dan kamp-kamp militer pasukan bayaran di Ma’rib dan barat Taiz.

Jubir tentara Yaman Brigjen Yahya Saree di Twitter menyebutkan bahwa tiga rudal balistik telah ditembakkan ke sebuah kamp militer Saudi di Dhahran Asir dan menyebabkan jatuhnya banyak korban tewas dan luka di pihak pasukan Saudi.

Dia menambahkan bahwa dua rudal balistik lagi menyasar kamp pelatihan militer musuh di barat Taiz dan dua rudal lain menghantam tempat-tempat konsentrasi pasukan bayaran di Al-Balaq dan satu kamp militer lain di Ma’rib. (mm/tasnim/alalam)

Baca juga:

Ansarullah Terus Bergerak Maju, Keluarga Puluhan Perwira Pro-Hadi Dilarikan dari Ma’rib

Perwira UEA Hina Saudi, Bin Zayed Menolak Pengambilan Tindakan terhadapnya

DISKUSI: