Ansarullah Terus Bergerak Maju, Keluarga Puluhan Perwira Pro-Hadi Dilarikan dari Ma’rib

0
269

Sanaa, LiputanIslam.com –  Puluhan perwira yang berafiliasi dengan pemerintahan presiden pelarihan Yaman Abd Rabbuh Mansour Hadi yang didukung Arab Saudi telah melarikan keluarga mereka dari Ma’rib.

Beberapa sumber informasi tentang itu mengatakan kepada situs berita Al-Bawabah Al-Ikhbariyah Al-Yamaniah, Senin (8/11), bahwa keluarga para perwira itu semula ditempatkan di Komplek Pemerintahan (Al-Majma’ Al-Hukumi), tapi kemudian dilarikan dari Ma’rib menuju pos Sharwarah di perbatasan Yaman-Arab Saudi.

Menurut sumber-sumber itu, proses pemindahan itu dilakukan dengan istruksi dari Saudi, karena Riyadh bermaksud memberikan tekanan dengan cara menarik orang-orang yang kabur dari Ma’rib agar mempertahankan perbatasan itu sekaligus supaya pasukan yang bertempur di Ma’rib tetap bertahan di kota ini.

Meski demikian, lanjut sumber-sumber itu, di kamp-kamp pengungsi Ma’rib terdapat ratusan anggota keluarga para komandan pasukan pro-Hadi, dan mereka digunakan oleh Saudi sebagai perisai manusia.

Sementara itu, kubu Sanaa, ibu kota Yaman, yang terdiri atas tentara Yaman dan pasukan Lijan Shaabiya (Ansarullah/Houthi) melancarkan operasi militer secara masif di timur provinsi Jawf hingga kawasan sahara di utara provinsi ini.

Dalam operasi ini mereka berhasil mendobrak garis pertahanan terakhir pasukan pro-Hadi di kawasan tersebut sehingga mendekati jalur internasional yang menghubungkan antara provinsi Ma’rib dan provinsi Hadramaut.

Beberapa sumber menyebutkan bahwa pasukan kubu Sanaa dalam operasi itu berhasil mendapat kemajuan militer signifikan yang akan memungkinkan mereka memutus satu-satunya jalur logistik pasukan koalisi yang dipimpin Saudi di utara kota Ma’rib.

Laporan lain yang didapat dari keterangan sumber-sumber lokal menyebutkan bahwa pasukan kubu Sanaa telah bergerak maju dari empat arah utama untuk memperketat kepungan militer terhadap pasukan koalisi di kota Ma’rib.

Sumber-sumber itu menjelaskan bahwa dengan dukungan kelompok-kelompok adat setempat kubu Sanaa bergerak maju dari beberapa kawasan di sejumlah arah, termasuk Al-Falaj,  Sarwah, Al-Nadud, Al-Alamain, Al-Ahshab, Raghwan, Madghal dan kamp militer Al-Khanjar setelah mereka menguasainya dalam beberapa jam terakhir, dan mereka bergerak maju menuju kamp militer Al-Ruwaik dekat jalur Shafir – Al-Abar. (mm/fna/alalam)

Baca juga:

Kuasai Pangkalan Umm Rish, Pasukan Ansarullah Makin Dekati Ladang Migas Yaman

Lebih dari Seribu Milisi Pro-Hadi Gabung dengan Ansharullah

DISKUSI: