Pasukan Ansarullah Kuasai Beberapa Kawasan Baru di Provinsi Ma’rib

0
330

Sanaa, LiputanIslam.com –   Tentara Yaman dan para pejuang Lijan Shaabiya yang berafiliasi dengan gerakan Ansarullah (Houthi) berhasil merebut beberapa kawasan lagi di sisi barat dan barat daya kota Ma’rib, dan bergerak ke arah kota ini, Selasa (30/3).

Website Al-Khabar Al-Yamani melaporkan bahwa pasukan kubu Sanaa, ibu kota Yaman, tersebut pada hari itu dua kali bergerak maju dan berhasil merebut kawasan al-Shaib dan al-Hamam serta beberapa titik area penting di dataran tinggi Gunung Al-Akhsyar dan kawasan al-Nakhla’ di sisi barat kota Ma’rib.

Sehari sebelumnya, mereka yang bertempur melawan pasukan presiden pelarian Yaman Abd Mansour Hadi yang didukung koalisi Saudi-UEA itu berhasil merebut kawasan Himah al-Dzi’ab dan beberapa bagian kawasan Al-Akhla’ di Sirwah di bagian barat provinsi Ma’rib.

Beberapa sumber kubu Sanaa di lapangan menyatakan bahwa beberapa hari sebelum itu mereka bertempur sengit di front timur al-Kisarah dan Idat al-Ra’ hingga berhasil merebut banyak posisi militer di dekat pangkalan militer Sahn al-Jin di barat Ma’rib.

Provinsi Ma’rib merupakan daerah strategis dan kaya cadangan minyak dan gas yang juga menjadi benteng pertahanan terakhir pasukan Mansour Hadi. Pasukan Sanaa memulai operasi militer untuk merebut provinsi itu sejak sekira dua bulan lalu, dan mereka berhasil mendekati ibu kota provinsi itu, yang juga bernama Ma’rib. (mm/fna)

Baca juga:

Ansharullah: Proposal dari AS Belum Capai Level Realistis

Saudi Lancarkan Serangan Udara ke Hudaydah

DISKUSI: