Pasukan Ansarullah Dilaporkan Sudah Masuk Wilayah Kota Ma’rib Sejauh 3 Kilometer

0
523

Ma’rib, LiputanIslam.com –  Pasukan Yaman kubu Sanaa, yaitu tentara yang bersekutu dengan gerakan Ansarullah terus bertempur mendesak pasukan kubu lawannya di kota Ma’rib, ibu kota provinsi Ma’rib.

Keterangan beberapa sumber Yaman yang dikutip Fars, Ahad malam (14/1), menyebutkan keberadaan pasukan kubu Sanaa di kawasan Al-Imran, yang berarti bahwa mereka sudah masuk ke wilayah kota Ma’rib sejauh 3 kilometer. Mereka juga telah menguasai sebagian besar bagian utara Waduk Ma’rib serta semua bagian baratnya.

Dalam pertempuran di daerah-daerah itu diketahui bahwa beberapa teroris Al-Qaeda dan milisi Salafi tewas bersama beberapa pasukan yang bernaung di bawah pasukan koalisi Saudi-Uni Emirat Arab (UEA).

Beberapa sumber menjelaskan kepada saluran Al-Mayadeen bahwa dalam tiga pekan terakhir wilayah seluas lebih dari 1200 kilometer persegi telah jatuh ke tangan kubu Sanaa, sekira 1800 milisi bayaran Saudi tewas, 3000 terluka, dan 200 lainnya tertawan.

Beberapa komandan Partai Al-Islah telah menghubungi pemerintahan Keselamatan Nasional Yaman (Kubu Sanaa) dan menyatakan kesiapan mereka untuk menyerahkan diri.

Satu sumber lain menyebutkan bahwa operasi pembebasan Ma’rib oleh kubu Sanaa akan terus dilanjutkan sampai kota ini bebas sepenuhnya dari pasukan loyalis presiden pelarian Abd Rabbuh Mansour Hadi yang didukung koalisi.

Kubu Sanaa menyerukan kepada milisi bayaran Saudi agar meletakkan senjata dan kembali ke “pelukan tanah air” dengan memanfaatkan peluang amnesti umum yang telah diberikan oleh kubu Sanaa. (mm/fna/almayadeen)

Baca juga: 

Ansharullah: Kepercayaan kepada AS Bermula dari Tindakan, Bukan Omongan

Perang Yaman, Kemlu Iran: Sudah Waktunya Saudi Terjaga dan Sadar

DISKUSI: